Nama internet ternyata awalnya merupakan singkatan kata saja

Merdeka.com – Pastinya, hampir seluruh orang di bumi ini menggunakan atau setidaknya mengenal apa yang namanya internet. Akan tetapi, apa sebutan awal sebelum dicetuskannya nama internet itu?

Internet adalah jaringan luas dunia digital yang saat ini sangat dibutuhkan keberadaannya karena dapat membantu hampir semua aktivitas manusia modern.

Namun jauh sebelum internet menjadi sangat dibutuhkan seperti sekarang ini, pada tanggal 31 Mei 1960, ide pembuatan jaringan yang menghubungkan antar-komputer satu dengan lainnya berasal dari Leonard Kleinrock.

Pada tahun 1962-an, Kleinrock bersama dengan Robert Taylor dan JCR Licklider dari MIT mengembangkan ide jaringan tersebut dan lahirlah Advanced Research Projects Agency net (ARPAnet).

Dalam perkembangannya, di akhir tahun yang sama, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengambil alih proyek tersebut dan tetap dengan bantuan Kleinrock yang kemudian pihak UCLA masuk dan turut serta dalam pengembangannya.

Namun dalam pengembangannya itu, ARPAnet masih belum dibuka untuk umum dan hanya digunakan sebagai sarana pembantu di lingkup militer saja.

Pada bulan Desember 1974, Kahn, Vinton Cerf, Yogen Dalal dan Carl Sunshine yang sedang mengembangkan protokol jaringan menggunakan istilah internet sebagai singkatan dari internetworking dan kemudian Request for Comments (RFC) yang berisi para ilmuwan juga sering menggunakannya.

Dari penggunaan tersebut serta seiring dengan penggabungan 2 model jaringan Transmission Control Protocol (TCP) and the Internet Protocol (IP) atau disingkat dengan nama TCP/IP diujicobakan dan secara penuh diinterkoneksikan maka pada tahun 1982, internet pertama kali dipublikasikan ke publik.

Baca Juga :  Bunga Matahari Jadi Bukti Kuat Samsung Jiplak Apple?

Sumber: Wiki.answer.com, Internetsociety.org, Answers.yahoo.com, En.wikipedia.org, Snopes.com, Inventors.about.com, Computerweekly.com, Computerhope.com, Walthowe.com, Nethistory.info

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*