NATAL 2011: 1.450 anggota Banser amankan Natal di 3 kota

JAKARTA: Sekitar 1.450 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) membantu pengamanan perayaan Natal 2011 di Kota Solo,Kota Kediri, dan Jombang.
Menurut informasi dari situs resmi Nahdlatul Ulama (nu.or.id) yang dilansir hari ini, Sabtu 24 Desember 2011, pengamanan peryaan Natal di ketiga daerah tersebut melibatkan sekitar 1.450 anggota Banser Gerakan Pemuda (GP) Ansor.
Mohammad Makmun, Kasatkorcab Banser Kabupaten Kediri, mengatakan Sekitar 750, Banser kabupaten dan kota Kediri, akan dikerahkan untuk pengamanan Natal dan tahun Baru.
“Kami sudah koordinasikan dengan Polres,” ujarnya melalui situs nu.or.id.
Sementara itu, Ketua GP Ansor Kota Solo Nur Kholis menjelaskan sedikitnya 200 personil dari Banser GP Ansor NU Kota Solo dikerahkan untuk ikut menjaga 142 gereja di Kota Bengawan tersebut.
“Banser beserta aparat keamanan melakukan penjagaan di 142 gereja di Kota Solo, hal ini terkait antisipasi dini akan adanya kemungkinan teror bom maupun gangguan kemanan,” kata Nur Kholis.
Di Kabupaten Jombang, GP Ansor menyiapkan 500 anggotanya untuk mengamankan perayaan natal di Jombang, sedangkan Polre Jombang untuk sementara hanya meminta bantuan 180 personel Banser.
Ketua GP Ansor Jombang Sholahul Am Notobuwono mengatakan dari 500 anggota Banser yang disiapkan, yang sudah dilaporkan ke Polres sebanyak 108 personel.
“Pasalnya, jumlah 108 itulah yang diminta aparat kepolisian. Banser yang diturunkan untuk pengamanan Natal itudibekali kemampuan lebih,” ujar Pengasuh Pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang itu.
Yang dimaksud dengan kemampuan lebih itu adalah pelatihan pengendalian massa, pelatihan seputar lalu lintas, serta keterampilan bela diri. (sut)
www.bisnis.com
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kejagung Minta Bantuan Luar Negeri Lacak Riza Chalid

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*