Nenek-nenek Bongkar Penipuan dengan Facebook

Seorang nenek berusia 75 tahun berhasil membongkar penipuan dengan Facebook. Penipu mengaku sebagai cucunya dan meminta uang pada nenek itu.

Dolores Langley dari Ocala mengaku, ia menerima telepon dari seorang pria yang mengaku cucunya, orang itu mengaku ditahan di Kanada karena membawa dua ons mariyuana di kendaraannya.

Kemudian, Langley diajak berbicara dengan pria kedua yang mengaku sebagai petugas polisi Kanada. Polisi gadungan itu kemudian meminta Langley mengirimkan uang sebesar US$ 5.050 (Rp 45,2 juta) melalui jasa Walmart.

Namun, Langley menyadari ada yangsalah ketika petugas gadungan itu memintanya mengirim uang ke Haiti. Kemudian, nenek ini mencoba menghubungi putra dan cucunya, namun tak ada yang menjawab telepon.

Kemudian, Langley online dan saat itu juga ia melihat posting status Facebook terbaru cucunya, Langley langsung mengirim pesan ke cucunya meminta agar segera menghubunginya. Cucu Langley membalas mengatakan ia sedang bersiap-siap bekerja.

Saat pria yang mengaku cucunya menelepon kembali, ia sadar orang-orang itu berusaha menipunya. Langley mengatakan akan menelepon mereka kembali hari berikutnya agar mereka bisa berbicara dengan suaminya yang juga tahu proses penipuan itu.

“Sebelum kalian memberi informasi, pertama, pastikanlah jangan memberi informasi apa pun melalui telepon, dan laporkan aktivitas-aktivitas mencurigakan,” kata Langley. (inilah.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Awas, Situs Segel Keamanan Palsu

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*