Norwegia Diguncang Teror – Korban Jiwa Mencapai 87 Orang

Bom meledak di gedung pemerintah di pusat Ibu Kota Norwegia, Oslo, Jumat (22/7/2011). Ledakan bom ini juga merusak kantor Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg. - detikphoto

Oslo – Korban jiwa akibat dua serangan teror di Norwegia telah bertambah. Setidaknya 87 orang tewas dalam peristiwa brutal tersebut.

Kepolisian Norwegia seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (23/7/2011) menyatakan, setidaknya 80 orang tewas dalam aksi penembakan massal di acara kemping pemuda di Pulau Utoeya, sekitar 20 mil dari Oslo, ibukota Norwegia.

Saat itu ratusan pemuda tengah mengikuti acara kemping yang diorganisir oleh sayap pemuda Partai Buruh Norwegia pimpinan Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg.

Acara kemping itu dihadiri sekitar 700 pemuda yang berusia rata-rata antara 16 tahun dan 22 tahun. Namun ada pula yang berusia 13 tahun dan paling tua berumur 30-an tahun. Mereka akan mengikuti kelas pelatihan politik dan berperan serta dalam aktivitas kelompok dan menginap semalam di Pulau Utoeya.

Sementara dalam serangan bom di Oslo, 7 orang tewas. Ledakan bom itu menyebabkan beberapa gedung di jantung kota Norwegia itu terbakar. Kaca-kaca gedung pun hancur. Lokasi ledakan dipenuhi dengan logam-logam, pecahan kaca dan dokumen-dokumen yang beterbangan dari gedung-gedung yang dihantam bom.

Dua serangan teror di Norwegia ini merupakan serangan teror paling mematikan di Eropa Barat sejak pengeboman di London, Inggris tahun 2005 lalu yang menewaskan 52 orang.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Aliran Dana Bagi Hasil Pertambangan Kab. Tapsel Dipertanyakan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*