Obama Percaya Indonesia Kekuatan Baru di Dunia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjabat tangan dengan Presiden AS Barack Obama saat menyambut tamu negara itu di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/11).

Presiden Amerika Serikat Barack Obama percaya bahwa Indonesia adalah kekuatan baru, baik di kawasan maupun tingkat global.

“Saya percaya bahwa Indonesia bukan hanya kekuatan regional yang sedang naik, tapi juga kekuatan global,” kata Obama saat pembukaan pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa malam.

Pertemuan bilateral itu adalah pertemuan dalam format besar dan diikuti sejumlah menteri dan pejabat lain dari kedua negara.

Obama menjelaskan telah melakukan pembicaraan dengan SBY beberapa kali. “Kita telah menjalani pembicaraan yang luar biasa,” kata Obama.

Obama bersyukur bisa berkunjung ke Indonesia. Kunjungan itu, katanya, adalah finalisasi kemitraan komprehensif antara kedua negara.

Pada saat sama, Presiden SBY berharap kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat bisa diperluas dan diperdalam. Dengan demikian, kedua negara akan semakin maju.

Pertemuan bilateral itu terbuka untuk media massa hanya pada bagian pembukaan. Selebihnya, pertemuan itu berlangsung tertutup.

Sebelumnya, SBY dan Obama, menggelar pertemuan bilateral di ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta.

Pertemuan bilateral itu adalah pertemuan dalam format kecil, sebelum keduanya menggelar pertemuan serupa dalam format yang lebih besar. Pertemuan bilateral tertutup itu berlangsung hampir setengah jam dan digelar sesaat setelah Obama tiba di Istana Merdeka.

Sementara itu, sejumlah anggota delegasi kedua negara sudah siap menunggu di ruang lain untuk pertemuan bilateral dalam format yang lebih besar.

Baca Juga :  Perkosa Istri Tahanan, Sipir Penjara Diancam Bui

Dari pihak Indonesia antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polkam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Pendidikan Nasional M Nuh, dan Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu.

Sedangkan dari pihak Amerika Serikat ada Senior Advisor Valerie Jarrett, Press Secretary Robert Gibbs, dan beberapa pejabat lain.

Presiden Obama bersama Michele Obama, Selasa sore, tiba di Istana Merdeka Jakarta dan langsung disambut Presiden SBY bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Belasan mobil yang tergabung dalam iring-iringan kendaraan yang mengantar Obama tiba di Istana Merdeka tepat pukul 17.00 WIB. Setibanya di halaman samping Istana Merdeka, Obama dan Michele disambut langsung oleh Presiden SBY dan Ibu Negara.

Keempatnya tampak akrab dan saling berjabat tangan. Sesaat kemudian, keempatnya menuju teras Istana untuk upacara penyambutan.

Dengan menghadap ke arah bendera kedua negara, SBY dan Obama mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, bersamaan dengan dentuman meriam.

Beberapa saat kemudian, SBY dan Obama memasuki ruang Kredensial di dalam Istana Merdeka dan berfoto bersama di hadapan para pewarta. Setelah itu, keduanya memasuki ruang Jepara untuk melakukan pertemuan bilateral dalam format kecil. (analisadaily.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Perempuan Misterius di Pusaran Kasus Hambalang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*