Obat Kuat Sildenafil Sitrat Banyak Dipalsukan

Jakarta – Obat terapi untuk disfungsi ereksi, PDE5 Inhibitor atau sildenafil sitrat, banyak dipalsukan. Sildenafil sitrat palsu ini banyak ditemukan di 4 wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali. Obat palsu itu memiliki tekstur, bau, dan warna yang berbeda, meskipun pada umumnya berwarna biru.

Berdasarkan penelitian Victory yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sepanjang 2011-2012, di bawah pimpinan Profesor Akmal Taher melalui laboratorium Phzer, 44 persen dari 518 tablet yang ditemukan di 4 wilayah itu telah dipalsukan. Guna mendapatkan obat yang dipalsukan, penelitian ini menggunakan metode “mystery shopping” di beberapa tempat penjualan obat.

“Obat tersebut banyak dijual di sarana tidak resmi, dan seratus persen itu palsu,” ujar Ketua Masyarakat Indonesia Anti-Pemalsuan (MIAP), Widyaratna, dalam konferensi pers di Gedung Kenari, Jakarta Convention Center, Kamis, 2 Mei 2013.

Distribusi sildenafil sitrat palsu banyak ditemukan di tempat penjualan obat yang tidak resmi. Widyaratna mencontohkan gerobak kecil, toko obat, warung, penjualan online, bahkan apotik. “Tiga belas persen bahkan ditemukan di apotik,” ujar Widyaratna.

Dokter spesialis biomedicine dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Melva Louisa, menyebutkan pemalsuan bisa dilakukan dengan cara menambah ataupun mengurangi dosis sildenafil. Dari hasil penelitian disebutkan pula ada 7 zat lain yang ditemukan dalam sildenafil sitrat palsu.

Baca Juga :  Ingin Sperma Subur, Prostat Sehat dan Wajah Awet Muda? Santaplah Buah Labu!

“Selain sildenafil itu sendiri, obat palsu ini mengandung macam-macam, ada yang tinta biru, amfetamin, laktosa, talk, antibiotik, kafein, dan bahkan obat anti-diabetes,” ujar Melva dalam kesempatan yang sama. Bahkan Melva mencontohkan beberapa kasus, salah satunya di Cina, di mana konsumi sildenafil sitrat palsu mengakibatkan kematian. “Karena ada obat anti-diabetes itu, begitu dikonsumsi, mereka langsung kehilangan gula,” ujarnya.

Karena itu, Melva mengimbau pasien yang ingin mengkonsumsi obat kuat jenis sildenafil sitrat sebaiknya langsung membeli dari tempat yang resmi, yaitu apotik besar dan berlisensi. Walaupun harganya terkadang lebih mahal, menurut Melva, keaslian obat tersebut bisa dipertanggungjawabkan./TEMPO.CO

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*