Olahraga Ini Bisa Bantu Bakar Lemak Hanya Dalam Waktu 4 Menit

Jakarta, Sibuk dengan rutinitas sehari-hari membuat banyak orang mengeluh tidak sempat berolahraga atau mengikuti kelas kebugaran. Tapi, untuk Anda si pekerja sibuk tapi masih ingin rutin berolahraga, tidak ada salahnya Anda mencoba olahraga Tabata.

Tabata merupakan tipe olahraga intensitas tinggi yang hanya dilakukan selama beberapa menit namun menjanjikan untuk membakar kalori seperti pada saat Anda jogging atau bersepeda.

Olahraga Tabata menjadi salah satu olahraga populer saat ini. Metode olahraga yang dilakukan hanya dengan menghabiskan waktu empat menit saja. Anda bisa mencobanya dengan melakukan sprint selama 20 detik lalu dilanjutkan joging selama 10 detik.

Atau, Anda bisa menjajal jumping jack 20 detik dilanjutkan joging selama 10 detik. Lakukan latihan ini berulang-ulang hingga 8 kali. Olahraga Tabata berhubungan dengan hampir semua jenis olahhraga kardio, seperti lari, berenang, bersepeda, atau melompat-lompat.

“Olahraga ini bisa meningkatkan konsumsi oksigen maksimal Anda hingga 14%. Nah, konsumsi oksigen bisa membantu menghilangkan lemak dan juga membentuk otot di tubuh,” kata Profesor Izumi Tabata, pemilik Tabata Training di Jepang, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (27/9/2014).

Namun, karena Tabata merupakan jenis olahraga intensitas tinggi, Anda tidak boleh mengabaikan pemanasan sebelum melakukannya. Pemanasan selama 10 menit sangat dianjurkan untuk Anda. Selain itu, pendinginan setelah melakukan Tabata pun tidak boleh dilupakan. Selesai melakukan Tabata, lakukan pendinginan selama 10 menit untuk menormalkan detak jantung Anda.

Baca Juga :  Hati-Hati Begadang selama Piala Dunia - Bisa Turunkan Imunitas dan Picu Kanker

Sayangnya, karena olahraga ini cukup ekstrem, maka tidak semua orang bisa melakukannya. Bagi Anda yang masih pemula, lakukan latihan kardio lain setidaknya seminggu sekali agar tubuh lebih siap untuk melakukan olahraga ini.

/health.detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*