Kantor Bupati Padang Lawas Sepi, Bupati, Wabup dan Sekda Tak Ngantor?

Terlihat salah satu ruangan ? ?di ? Kantor Bupati Palas sepi, ?Kamis (18/3/2015) ? ?karena ? Bupati, Wabup dan Sekda Tak Ngantor

Dari sekian banyaknya perjalanan dinas Luar Daerah Bupati Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap (TSO) yang berlangsung hampir setiap bulan mulai menuai kritik. Hal itu mengundang tanda tanya dan menuai sorotan dari berbagai kalangan masyarakat Palas, seperti yang diutarakan oleh Ketua Forum Komunikasi Pusat Peduli Pemerhati Pendidikan, Seni Budaya dan Keagamaan (FK P4-KBK) Cabang Tabagsel Sahat G. Lubis, Kamis (18/3/2015). Sahat menilai, ketika Bupati tidak berada di tempat dalam waktu yang begitu lama, tentu akan sangat berpengaruh terhadap jalannya pemerintahan di Palas.

“Ibaratnya sebuah kapal yang berlayar tanpa nahkoda. Ketika nahkodanya tidak ada, kapal itu tidak jelas arahnya kemana? Begitu juga dengan sistem pemerintahan di Palas,” ?sebut Sahat

Menurutnya, ketika ada sebuah persoalan yang dianggap memerlukan kebijakan dari kepala daerah, sementara yang bersangkutan tidak berada di tempat, tentu kebijakan dimaksud tidak bisa berjalan dengan sempurna. Ia malah mempertanyakan, apakah mungkin Bupati bisa memahami kondisi masyarakat di daerah ketika yang bersangkutan lebih banyak berada di luar daerah?. “Ketika Bupati tidak ada di daerah, tidak ada di kantor, bagaimana yang lain bisa mengambil kebijakan yang tepat untuk persoalan masyarakat? Nah pertanyaan itulah gambarannya,” ujar Sahat.

Baca Juga :  Jalinsum di Palas Rusak Parah

Yang paling parahnya, lanjut Sahat, begitu juga dengan saat ini, bertepatan dengan momen Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-44, Bupati, Wakil Bupati dan Plt. Sekretaris Daerah juga tidak ada di Palas. “Bagaimana mungkin bisa seperti itu, sudah Bupati tidak ada, Wabup juga dinas luar daerah, pelaksana tugas sekda juga tidak berada di Palas, bagaimana jadinya Palas ini,” celoteh Sahat

Menurut Sahat, seharusnya pejabat daerah harus memiliki sense of belonging, responbility dan morality terhadap situasi daerah yang sedang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus dari pemangku kepentingan. Bukan lebih sering berada di luar daerah ketimbang di Palas.

Hingga berita ini terbit, belum ada konfirmasi yang diproleh. Namun informasi yang beredar, Bupati Palas sedang melaksanakan perjalanan dinas luar daerah di Jakarta. Begitu juga Wabup drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht juga sedang ke Sibolga, lalu kemudian ke Medan. dan Plt. Sekda Palas yang hendak ditemui di kantornya, tidak ada. Apalagi beberapa kepala SKPD juga dikabarkan sedang diperjalanan ke Medan menghadiri acara pembukaan PRSU.

/Edi

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*