Padangsidimpuan Segera Dimekarkan

8508071184d773f14e7e66e158ef2ce56f0ed3f Padangsidimpuan Segera Dimekarkan
Kota Padangsidimpuan (apakabarsidimpuan)

PADANGSIDIMPUAN (SINDO) – Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan berencana mengusulkan pemekaran tiga kecamatan ke DPRD setempat untuk peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Ketiga kecamatan baru yang akan diusulkan tersebut yakni, Kecamatan Padangsidimpuan Kota dan rencananya beribu kota di Wek II, selanjutnya Kecamatan Padangsidimpuan Timur dengan ibu kota di Desa Manunggang Jae, dan Kecamatan Padangsidimpuan Baru yang rencananya beribu kota di Kelurahan Sidangkal. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan Sarmadhan Hasibuan menuturkan, Kecamatan Padangsidimpuan Kota merupakan pemekaran dari Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Apabila DPRD menyetujui usulan pemekaran, maka Kecamatan Padangsidimpuan Utara akan memiliki tujuh kelurahan dari sebelumnya 16, yakni Kelurahan Sadabuan, Panyanggar, Losung Batu, Bonan Dolok, Tano Bato, Tobat, Kayu Ombun.

Kemudian, satu desa juga akan diambil dari Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, yakni Desa Partihaman Saroha. ”Ibu Kota kecamatan akan dialihkan ke Sadabuna yang sebelumnya di Kelurahan Wek II,”ujarnya, kemarin. Sementara itu, Kecamatan Padangsidimpuan Timur merupakan pecahan dari Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Sebelum dimekarkan, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara memiliki 18 desa/ kelurahan dan setelah pemekaran akan memiliki dua kelurahan dan 11 desa dengan ibu kota kecamatannya tetap di Perumnas Pijor Koling. Selanjutnya, Kecamatan Padangsidimpuan Baru merupakan pemekaran dari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yang sebelumnya memiliki 12 kelurahan.

Setelah pemekaran, kecamatan ini akan memiliki tujuh kelurahan dengan ibu kota kecamatan tetap di Ujung Padang. Sarmadhan menjelaskan, berdasarkan data dari Tata Pemerintahan (Tapem), saat ini Kota Padangsidimpuan memiliki enam kecamatan dengan 37 kelurahan dan 35 desa. Jika usulan pemekaran tiga kecamatan ini disetujui DPRD, Kota Padangsidimpuan akan menjadi sembilan kecamatan. Sementara itu, jumlah desa/kelurahan akan menjadi 98 dari sebelumnya yang hanya 72. ”Usulan pemekaran kecamatan masih menunggu pembahasan di DPRD. Jika ini terealisasi, maka nantinya Padangsidimpuan akan memiliki sembilan kecamatan dari sebelumnya hanya enam kecamatan,”tuturnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Tabagsel Tuntut Penuntasan Kasus Century

Ketua DPRD Padangsidimpuan Aswar Syamsi mengatakan, sampai saat ini DPRD belum pernah membahas tentang usulan pemekaran kecamatan baru tersebut. Pasalnya, DPRD belum menerima kajian akademis yang lengkap mengenai latar belakang usulan pemekaran. ”Kajian akademisnya yang masih belum dilengkapi belum sampai ke meja saya. Namun, saya akan periksa ulang berkas itu,”ujarnya. Sementara itu, Ketua Badan Legislasi DPRD Padangsidimpuan Khoiruddin Nasution mengungkapkan, mereka akan menolak pembahasan usulan pemekaran kecamatan sebelum ada kejelasan persentase pengalokasian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Padangsidimpuan Tahun Anggaran (TA) 2011 untuk sektor belanja pembangunan.

Dia menegaskan, apabila 45% dari total APBD untuk belanja pembangunan itu memang prorakyat, maka usulan pemekaran itu sah-sah saja dibahas. ”Namun, saat ini kondisinya jika dihitung dari total APBD sebanyak Rp.425 miliar, hanya sekitar 30% untuk belanja pembangunan. Sementara itu, selebihnya untuk belanja pegawai,” papar Khoiruddin. Dia menambahkan, untuk membentuk kecamatan baru, pemerintah juga harus mempersiapkan banyak hal untuk pembentukan pemerintahan baru nantinya.

Beberapa di antaranya, lahan untuk sarana perkantoran, bangunan perkantoran, dan fasilitas pemerintah lainnya seperti mobil dan lainnya. ”Saya berharap, jangan sampai ada dampak negatif dari pemekaran kecamatan nantinya kepada masyarakat,” ungkapnya. (zia ul haq nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Tim Pekalongan Juara Terbaik Di Kenanga Open Cup II Padangsidimpuan

2 Komentar

  1. asal anda ngomongnya sesuai dengn kenyataan khoirruddin nasution… karena saya lihat anda setelah menjadi anggota dprd banyak hartamu yang bertambah… dari mana itu boss…??? jangan munafik…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*