Padangsidimpuan & Tapsel Bebas Malaria DBD dan Chikungunya

Rabu, 24 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

SIDIMPUAN-METRO; Sejauh ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan belum menemukan dan menerima laporan adanya warga yang terjangkit penyakit malaria, demam berdarah, dan chikungunya. Artinya, Psp dan Tapsel boleh dikatakan bebas dari jenis penyakit tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Psp, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Penyakit (PMK), dr Aminuddin, dan Kabid PMK Dinkes Tapsel, dr Ismail Fahmi Ritonga MKes, kepada METRO, Selasa (23/2).

“Kalau satu-satu mungkin ada tapi tidak terdata dan langsung berobat, sedangkan yang di Dusun Aek Gambir, Desa Pijor Koling, Kecamatan Psp Tenggara beberapa waktu lalu ada sekitar 12 warga yang terjangkit diare juga sudah sembuh setelah kita berikan pengobatan gratis. Maka sejauh ini belum ada kita temukan, namun untuk itu kita juga mewanti-wanti masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup bersih agar terhindar dari penyakit di musim penghujan ini, kalau penyakit batuk, pilek, demam, bersin dan sejenisnya itu biasa terjadi,” terang Kabid PMK Psp, dr Aminuddin.

Kabid PMK Dinkes Tapsel, dr Ismail Fahmi Ritonga MKes, kepada METRO, Selasa (23/2), menambahkan, berdasarkan laporan surveillance petugas Dinkes Tapsel dari lapangan, belum ada ditemukan warga yang diserang penyakit malaria, demam berdarah, chikungunya dan lain sebagainya dalam skala besar. Namun diakuinya jika ada satu-dua warga yang terkena penyakit seperti itu namun sudah ditangani.

Baca Juga :  Tepian Masa Lalu di Lembah Batang Pane

“Namun kita tetap waspada untuk hal tersebut, mengingat cuaca dan musim saat ini sering hujan, makanya kita mengimbau masyarakat untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat serta menyiagakan seluruh puskesmas dan alat-alat kesehatan lainnya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang di luar perkiraan kita,” ucapnya.

Keduanya dalam hal ini berpesan kepada seluruh masyarakat di tengah musim hujan ini, agar menjaga kesehatan dan jangan keluar rumah ketika hujan yang disertai angin kencang, karena dapat menimbulkan penyakit. Dan yang terpenting adalah tetap menjalankan pola hidup bersih dan sehat untuk menghindarkan dari segala macam penyakit yang biasanya datang di musim penghujan seperti sekarang ini. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*