Padi Sawah Saba Palas Panyabungan Diserang Tikus

Hama Tikus Seorang petani memperlihatkan tanaman padi yang diserang hama tikus (kanan) sementara (kiri) terlihat tidak ada serangan tikus akibat digenangi oleh air dan tanaman padi menguning akibat serangan tikus di Saba Palas Panyabungan Madina. (medanbisnis/zamharir rangkut)

Panyabungan. Akibat minimnya pasokan air ke lahan sawah di Saba Palas, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), menyebabkan tanaman padi diserang hama tikus. Choirudin seorang petani sawah darat kepada MedanBisnis, Minggu (2/8), mengatakan serangan hama tikus makin ganas akibat ketiadaan asupan air ke lahan persawahan masyarakat di daerah itu. Sebab jika lahan tanpa air akan lebih memudahkan bagi tikus untuk menggerogoti batang dan tanaman padi warga.

“Sekarang memang berbanding terbalik, kalau beberapa tahun yang lalu ketika hama tikus menyerang malah kita akan mengeringkan lahan persawahan. Tapi untuk saat ini malah lahan yang digenangi oleh air yang aman dari serangan hama,” katanya.

Dijelaskan, untuk kebutuhan pengairan bagi tanaman padi saja sangat sulit belum lagi untuk digenangi air. “Hama tikus menyerang tanaman padi kita sudah beberapa kali musim, namun bagi mereka yang lahan persawahan digenanangi air akan selamat. Sedangkan sebaliknya akan habis diserang tikus,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Ucok Lobe bahwa pada musim panen yang lewat saja banyak petani di daerah itu yang tidak melakukan panen, akibat sudah dahibisi hama tikus. Dari pengalaman mereka yang bisa mengatasi hama tikus selain perburuan dan racun, utamanya harus dengan air agar tanaman padi bisa selamat hingga panen.

Baca Juga :  Terpeleset di Parit, Hanyut ke Sungai Sangkumpal Bonang

“Umur tanaman padi saat ini sekitar dua bulanan, akan tetapi kekhawatiran akan tidak panen sudah sudah dirasakan petani. Pasalnya, pasokan air sangat minim karena pengairan Irigasi Batang Gadis tidak sampai ke lokasi kita, padahal di hulu air itu berlebih. Makanya besar harapan kita kepada Dinas Pertanian untuk memperhatikan keluhan kami begitu juga pihak irigasi,” harapnya.


MedanBisnis – (zamharir rangkuti)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Tikus sawah dapat dikendalikan
    Kami telah berpengalaman lebih 15 tahun dalam mengendalikan hama ini
    Saat ini, kami juga telah menyediakan jasa konsultan pengendalian tikus sawah, hingga pelatihan dan praktek langsung pengendalian di lapangan
    Apabila berminat, bisa menghubungi kami di 0815 607 1902
    Demikian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*