Paluta Butuh Tambahan Guru SD

Kabupaten Paluta butuh tambahan guru berstatus PNS, khususnya di wilayah Padang Bolak, untuk ditempatkan di puluhan SD yang berada di desa terpencil. Sejauh ini, mayoritas SD Negeri di Padang Bolak hanya memiliki empat hingga lima guru termasuk kepala sekolah.

SD Negeri yang membutuhkan penambahan guru antara lain, SD Lubuk Torop, SD Tanjung Marulak, SD Aek Gambir, SD Napagadung Laut, dan Dolok Jae. Lalu SD Tanggatangga Hambeng, SD Aek Tolong, SD Aek Bayur, SD Batu Sundung, SD Sungai Durian, SD Simandiangin Dolok. Kemudian SD Simbolon, SD Liang Hasona, SD Gunung Manaon, SD Satahi Galanggang, SD Batang Pane I  dan Batang Pane III.

Salah seorang Kepala SD Sungai Durian, Mardan Edi Hotman Siregar, kepada METRO, mengatakan,  sekolah yang dipimpinnya sangat membutuhkan guru berstatus PNS. “Akibat jumlah guru yang minim, kita kewalahan mengajar murid-murid,” sebut Mardan.

Mardan menambahkan, jumlah murid di sekolah berada di Desa Sungai Durian, ini mencapai 181 murid. Jumlah itu tidak sesuai dengan tenaga pendidik yang ada.

Sejauh ini, sambung Mardan, pihaknya telah membuat usulan kepada Kepala Dinas Pendidikan agar sekolah yang dipimpinnya bisa mendapat tambahan guru olahraga dan guru agama Islam.

“Kita sudah membuat pengusulan kepada Kadis Pendidikan Paluta agar pada penempatan CPNS tahun 2010 ini, SD Sungai Durian mendapat jatah guru olahraga dan guru agama Islam,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pasar Parbukoan Sidimpuan Di Tetapkan di Sekitar Kompleks City Walk

Sementara itu, Kadis Pendidikan Paluta, Drs Hazairin Hasibuan, ketika dikonfirmasi METRO via telepon selulernya, mengatakan, kekurangan guru di sejumlah desa terpencil telah diusulkan ke BKD, agar pada saat penempatan CPNS tahun 2010 mendatang, pemerataan guru di desa terpencil lebih diprioritaskan.

“Ke depannya pemerataan guru di desa terpencil akan lebih diprioritaskan mengingat minimnya jumlah guru yang mengajar di sana. Namun, sebelum pemerataan terlaksana sebaiknya jumlah guru yang ada tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tukasnya. (thg) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*