Paluta Miliki 9 Puskesmas Spesifik

Sabtu, 10 April 2010 – www.metrosiantar.com

PALUTA-METRO; Puskesmas spesifik hadir di sembilan kecamatan di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Tujuan puskesmas ini adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh warga secara lebih spesifik.

Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dan Sosial, H Mara Bintang Harahap SKM MSc, kepada METRO, Jumat (9/4).

“Puskesmas spesifik hadir di Paluta. Untuk itu warga harus mendukung. Insya Allah dapat terlaksana dengan baik. Program ini dapat berjalan dengan adanya dukungan warga,” sebut kadis.

Menurut Kadis, program pusat kesehatan masyarakat  (Puskesmas) spesifik merupakan program unggulan dan khusus, yang bermanfaat untuk mencegah, meminimalisir dan mengatasi kasus tertentu. Tanpa mengabaikan tugas dan fungsi puskesmas sediakala.

Ditambahkannya, puskesmas spesifik harus bersikap proaktif dalam  menjalankan fungsinya. Menjadi puskesmas yang mampu mendengar keluhan  masyarakat dan langsung mengambil tindakan, adalah tujuan dari setiap  puskesmas dengan spesifikasi pelayanan khusus tersebut.

Sesuai dengan kasusnya antara lain, Portibi (Puskesmas spesifik PHBS/  perilaku hidup bersih dan sehat), Sipiongot ( Puskesmas spesifik PHBS),  Gunungtua (Puskesmas spesifik Sayang Ibu), Padangbolak Julu  (Puskesmas spesifik bebas TB).

Kecamatan Dolok Sigompulon (Puskesmas sayang ibu),  Halongonan (Puskesmas spesifik bebas rawan gizi), Batangonang  (Puskesmas spesifik bebas gizi), Hulu Sihapas (Puskesmas spesifik  sayang ibu), Simangambat (Puskesmas PHBS). (thg)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Lampard Dukung Redknapp Gantikan Capello

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*