Pandu Birantoro, orang Indonesia di balik Superman Smallville

Pandu Birantoro. ©2013 Merdeka.com

Bagi para penggemar tokoh superhero Superman, tentunya tak asing dengan serial Superman Smallville. Rupanya, ada sosok dari Indonesia di balik serial yang tayang sejak 2001. Dia adalah Pandu Birantoro.

Di serial Superman tersebut, Pandu menjadi orang yang bekerja di belakang layar sebagai Asistant Director serial TV Smallville.

“Bekerja dalam seri TV Smallvile merupakan pengalaman yang sangat berharga. Saya belajar banyak hal mengenai Hollywood TV Series System” cerita Pandu mengenai pengalamannya dalam rilis yang diterima merdeka.com, Rabu (19/6).

Pandu juga membagi pengalamannya saat proses syuting berlangsung. Dari sang sutradara Zack Synder, Pandu pun belajar mengenai banyak hal termasuk kedisiplinan.

“Selama shooting harus stick to the plan, tidak boleh lebih dan kurang. Selain itu untuk masalah habit juga sangat berbeda. Misalkan pada saat menyewa tempat untuk lokasi shooting, di Indonesia, kita bisa menyewa tempat pada jam-jam di mana tempat itu seharusnya sudah tutup. Di luar negeri tidak bisa seperti itu,” lanjutnya.

Pengajar di International School Jakarta juga ikut berkarya di berbagai film internasional lainnya. Seperti film Pandu yang berjudul Euphoria juga telah tayang di berbagai negara seperti Prancis. Saat ini Pandu sedang disibukkan dengan project film The Killers, sebagai Promo Producer dan film pendek ‘Meet Me Half Way’ sebagai bentuk kerja sama negara Kanada – Indonesia

Baca Juga :  Mario Teguh Somasi Deddy Corbuzier

Tak jarang karya-karya Pandu membuahkan berbagai penghargaan baik dari dalam dan luar negeri. Sebut saja Piala Maya untu film Omnimbus Sinema Purnama yang bekerja sama dengan beberapa sineas muda Indonesia lainnya.

©2013 Merdeka.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*