Pangdam I/BB Tinjau Lokasi TMMD

(Analisa/istimewa) TINJAU: Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi didampingi Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO), Wakapolres Tapsel, meninjau kegiatan pembukaan jalan TMMD ke 94, Kamis (7/5).

Sibuhuan, Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Edy Rahmayadi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa, di Desa Hapung Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Kamis (7/5).

Pembukaan kegiatan TMMD ke 94 Tahun 2015 tersebut dirangkai dengan pemusnahan narkoba.

Usai pemusnahan narkoba, dilanjutkan penaburan bibit ikan mas dan nila sebanyak 5.500 ekor di Desa Hapung Torop, sekaligus peninjauan perehapan masjid di Desa Hapung, peletakan batu pertama pembangunan irigasi serta peninjuan pembukaan jalan sepanjang 2,5 Kilometer hasil kerja TMMD Kodim 0212 / TS .

Pangdam memberikan apresiasi kepada Pemkab Palas dan masyarakat, atas dukungan  yang diberikan kepada TNI dalam pelaksanaan TMMD ke 94 tahun 2015 di wilayah Kabupaten Palas.

Pangdam menyampaikan atensi masyarakat bersama TNI melaksanakan kegiatan budaya gotong royong, dengan membuka jalan yang menghubungkan antara Desa Harang Julu dan Hapung Torop, sebagai bentuk membuka akses kemajuan peningkatan prekonomian masyarakat menuju kesejahteraan, dan menuju kemajuan pembagunan desa yang maju pesat.

Bupati Palas Ali Sutan Harahap mengatakan, suatu kehormatan bagi masyarakat Palas dengan kehadiran Pandam I / BB Mayor Jendral (Mayjen)  TNI Edy Rahmayadi ke wilayah Palas dalam peninjuan kegiatan TTMD.

Baca Juga :  Kejari P. Sidimpuan - Selamatkan Uang Negara Rp 2,2 Miliar Lebih

Menurutnya, kunjungan Pangdam memiliki arti dan makna tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat. Sebagai sejarah penting untuk selalu dikenang karena dalam waktu bersamaan ada enam kabupaten/kota yang melaksanakan kegiatan TMMD, Namun Kabupaten Palas mendapat kehormatan dikunjungi secara langsung.

“Atas atensi itu masyarakat menyambut respon baik untuk selalu membangun kerjasama yang lebih baik ke depan khusus dijajaran TNI” katanya.

Secara geografis, lanjut Bupati, Kabupaten Palas sebahagian besar dikelilingi alam pengunungan yang menyebabkan hubungan antara desa satu dengan desa yang lain relatif jauh. Tetapi bila akses jalan baru yang dibuka hasil kerja TMMD, maka hubungan antar desa akan terjangkau lebih dekat, tidak ada lagi desa yang terisolir.

“Program TMMD ke 94 tahun anggaran 2015 yang sedang berlangsung telah banyak membawa manfaat kepada masyarakat. Selama ini jarak tempuh  mencapai sekitar 9 kilometer. Namun setelah adanya TMMD jarak tempuh  jauh berkurang  dapat ditempuh dan dicapai masyarakat dengan hanya 2,3 kilometer sudah dapat melintas hubungan kedua desa tersebut,” ungkapnya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat Desa Hapung dan Harang Julu , untuk bersama- sama dengan TNI bekerja secara gotong royong, dan saling bahu membahu. Mulai dari pra pelaksanaan sampai kepada limit waktu yang telah ditentukan sampai batas 27 Mei 2015, akses jalan Hapung-Harang Julu sudah dapat dilalui.

TSO juga menyampaikan permohonan kepada Pangdam I /BB, agar pembukaan jalan Desa Hapung Kecamatan Sosa Kabupaten Palas, sampai ke Desa Pagur Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal sepanjang sekitar 38 Kilometer, agar dimasukan pada program TMMD tahun anggaran 2016.

Baca Juga :  Harga Karet Tembus Rp25 Ribu per Kg - Antisipasi Pencurian, Petani Tidur di Kebun

“Apabila jalan yang menghubungkan Kabupaten Palas dan Mandailing Natal terbuka aksesnya, tentu jarak tempuh yang dapat dicapai melalui jalur darat dari kedua Kabupaten tersebut hanya ditempuh dengan jarak lebih dekat dan efisiensinya hanya sekitar 169 kilometer”. (ong)


Analisa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*