Pantai Muara Upu Tapsel Butuh Pelestarian

Photo; Irwan Alimuddin Batubara

www.waspada.co.id

PADANGSIDIMPUAN – Masyarakat  Tapanuli Selatan berharap pemerintah daerah segera melestarikan atau konservasi  sungai dan pantai di kawasan desa Muara Upu, kecamatan Muara Batang Toru di Pantai Barat.

“Kami berharap Pemkab Tapsel  bertindak melakukan pelestarian kawasan  pantai barat Desa Muara Upu, dengan pencegahan erosi yang melanda sungai dan pantai di kawasan ini melalui  penanaman bakau di sekitar sungai dan pantai, “ ujar sekretaris desa Muara Upu, Menek Harahap, tadi malam.

Dikatakan,   dampak erosi yang terjadi  meliputi dua sungai serta pantai yang panjangnya 7 km, 2 km  dan 9 km itu, mengakibatkan lahan di kawasan itu semakin kecil terkikis air sungai dan laut.

Menurutnya, dalam setahun bibir pantai terkikis sekitar dua meter akibat ombak Samudra Indonesia, sementara Sungai Muara Upu pada 1990 lebarnya sekitar 15 meter, sekarang sudah sekitar 50 meter, sebagai akibat hempasan air bila boat hilir mudik.

“Bila tidak ada tindakan penghijauan, dikhawatirkan erosi ini akan membahayakan warga yang bermukim di kawasan itu, “terangnya.

Baca Juga;
APAKAH PANTAI MUARA UPU AKAN DIBIARKAN BEGINI…?

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*