Pantaskah PT.Sumatera Sylva Lestari Sebagai Suatu Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri Bertahan, Tumbuh Dan Berkembang Di Bumi Padang Lawas ???

Suara Hati Nurani Masyarakat Padang Lawas

Oleh: Hutatoruan Hasibuan *)

Masyarakat Padang Lawas baik yang berada di Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Padang Lawas Utara merasa terusik, gerah, dongkol dan kecewa atas keberadaan PT.Sumatera Sylva Lestari dari mulai kota Gunung Tua sampai Perbatasan Sosa memohon kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Padanglawas dan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara agar lahan masyarakat Desa – Desa dan Lahan Koperasi/Kelompok tani yang dikelola oleh PT. Sumatera Sylva Lestari segera dikembalikan ke masyarakat Desa – Desa dan Koperasi/Kelompok Tani Pemilik lahan.

pdl 1 Pantaskah PT.Sumatera Sylva Lestari Sebagai Suatu Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri Bertahan, Tumbuh Dan Berkembang Di Bumi Padang Lawas ???
Lahan/areal yang diusahai oleh masyarakat Seputar HTI Tanaman Kayu Pertukangan Jenis Acasia. (Photo By HH)

Sesuai info yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan bayaknya masyarakat Desa-Desa dan koperasi/kelompok tani yang mengklaim areal lahan yang dikelola oleh PT.Sumarera Sylva Lestari Seperti : Masyarakat Ulu Gajah, Masyarakat Sayur Mahinsat, Masyarakat pangirkiran Dolok, Masyarakat Padang Hunik, Masyarakat Ganal, Masyarakat Ramba, Masyarakat, Masyarakat Aek Nabara, Masyarakat nagargar, Masyarakat Sosa, Masyarakat Unterudang, Masyarakat Pasir Jae, Pasir Julu, Pasir Apolu, Pasir Menanti, Pasir Ramba, Masyarakat Sipagabu Masyarakat Siali-ali, Masyarakat Sihiuk, Masyarakat Huta Ibus, Masyarakat Pasar Latong, Masyarakat Sangkilon, Masyarakat Aek Nabara Masyarakat desa Padang Matinggi dan Masyarakat Desa sekitarnya, Kelompok Tani Torang Jaya Mandiri, KUD Serba Guna,KUD Sinar Baru diwilayah beberapa Kecamatan Huristak, Kecamatan Sosa, Kecamatan Barumun Tengah, Kecamatan Lubuk Barumun dan Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Melihat banyaknya masyarakat desa – desa dan banyaknya Koperasi yang tidak menerimah kehadiran PT. Sumatera Sylva lestari dan banyaknya Surat akte jual beli tanah info yang kami terima sebanyak 215 pemilik ; Apa tidak menjadi pertanyaan di Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Padang lawas Utara : ”Pantaskah PT.Sumatera Sylva Lestari berada di Bumi Padanglawas? Masyarakat Padang Lawas secara luas mengharapkan kepada Komisi” A” DPRD Sumut dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara agar segera mengatasi masalah ini. Dan Lebih lanjut Masyarakat Padanglawas meminta Kepada Pemerintah Kabupaten Padanglawas dan Kabupaten Padanglawas Utara,Polres Tapsel yang membawahi Polsek Barumun Tengah Polsek Sosa,Polsek Barumun dan juga masing-masing DPRD PALAS dan DPRD PALUTA serta masing masing Kehutahan Kabupaten agar tidak berpangku tangan menyelesaikan masalah sengketa tanah diareal  Pemerintahan masing-masing antara Masyarakat Desa dan Koperasi  dengan PT.Sumatera Sylva Lestari agar tanah masyarakat Desa dan Tanah/lahan Koperasi dapat kembali dan dapat diusahai .

Baca Juga :  Rahmat Warga Mandailing Natal, yang Memijat dengan Kaki

Menurut info yang dapat kami peroleh,perlu kami sampaikan beberapa kelemahan SK No.82/Kpts-II/2001 tanggal 15 Maret 2001 yang tidak melaksanakan kewajibannya agar menjadi Pertimbangan dan masukan kepada Bapak/Ibu pengambil keputusan diuraikan sebagai berikut :

  1. Tidak melaksanakan Penataan batas dengan baik, baik batas Luar dan batas batas dengan Lahan masyarakat didalamnya dan batas dengan Enclave.dalam jangka 2 tahun setelah SK No 82/Kpts-II/2001 dikeluarkan tanggal 15 Maret 2001
  2. Tidak menyertakan saham bagi Koperasi sekitar HPH sebesar 20 %.
  3. Tanah milik perkampungan,tegalan,dan persawahan  yang telah diduduki dan digarap oleh Pihak ke Tiga PT.Sumater Sylva Lestari masih mengklaimnya jadi Konsesinya.
  4. Tidak membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berada didalam atau disekitar areal kerjanya.
  5. Tidak mendukung Pengembangan Wilayah Pembangunan Daerah dan Ekonomi Kesejahteraan masyarakat Tradisional disekitar areal kerjanya.
  6. Tidak menepati Janji membuat tanaman Kehidupan untuk masyarakat disekitar areal kerjanya.
  7. Tidak menyisihkan dana dari keuntungannya sebesar maximal 5 % untuk Pembinaan danpengembangan golongan ekonomi lemah/koperasi.

Dari ketujuh-tujuhnya kelemahan atau kewajiban yang tidak dipenuhi tersebut diatas merupakan suatu kekurang/ketidak  Pedulian bagi Masyarakat Desa-Desa dan Koperasi/Kelompok Tani yang berada di Sekitar areal yang diusahai dan merupakan keremehan kepada Pemerintah Kabupaten baik Pemerintah Kabupaten Padang Lawas maupun Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas Utara seolah oleh PT.Sumatera Sylva Lestari Sakti dengan SK Menhutnya dan semuanya diatur oleh Pemerintahan Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Menurut Pemantauan kami dilapangan langkah yang diambil Pemerintah atas masukan dan Usulan Pemerintah Kabupaten untuk tidak mengeluarkan Ijin tebang kepada PT. Sumatera Sylva Lestari Pada tahun 2012 sudah merupakan langkah maju dan Pro Rakyat dan bahkan menyurati Kehutanan Provinsi Sumatera Utara,harapan dan keinginan dari masyarakat luas, agar ijin tebang juga tidak dikeluarkan untuk tahun 2013 bagi  PT.Sumatera Sylva Lestari dan bila dikeluarkan akan jadi komplik berkepanjangan untuk mempertahankan lahan baik oleh masyakat Desa -Desa dan Koperasi maupun dari PT. Sumatera Sylva Lestari.

Baca Juga :  Menpora: FIFA Ingin Indonesia Kembali Berjaya

Mengingat banyaknya komplain dari masyarakat Desa-Desa dan koperasi serta luasnya areal yang bermasalah dan dikaitkan dengan Tuntutan dari masyarakat Desa desa sekitar HPHTI Tanaman Kayu Pertukangan PT .Sumatera Sylva Lestari. Masyarakat Luas mengharapkan agar Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas dan Pemerintahan Kabupaten Padang lawas utara mengambil langkah penyelesaikan masalah tanah dengan PT.Sumatera Sylva Lestari  serta tanah masyarakat Desa Desa dan Koperasi/Kelompok Tani kembali dan dapat diusahai tanpa ada gangguan kedepan. *-*

Padang Lawas, Medio Desember 2012

*) Hutatoruan Hasibuan, adalah Penulis dan Pemerhati HTI dan Sosial Masyarakat yg berdomisili di Padanglawas, Binaga Unterudang Kecamatan Barumun Tengah

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*