Panwaslu Temukan Oknum Halangi Proses Pilgubsu di Desa Jambur Padang Matinggi

Panyabungan, (Analisa). Panitia Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menemukan salah seorang oknum, “IS” di Desa Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara diduga mempengaruhi masyarakat agar tidak menerima kartu undangan pemilih dari Panitia Pemilihan Setempat.

IS mengumumkan kepada warga melalui alat pengeras suara di masjid setempat pada, Selasa (5/3). Informasi diperoleh, IS sendiri merupakan salah seorang tokoh masyarakat yang pro pemekaran desa tersebut.

Hari selasa lalu ada seorang oknum (IS) yang mengaku tokoh masyarakat pro pemekaran memberi pengumuman menggunakan pengeras suara di masjid. Dia menyarankan kepada masyarakat agar tidak menerima formulir undangan memilih pada tanggal 7 Maret, sehingga masyarakat merasa terhalangi.

Memang selama ini sebagian mereka menginginkan pemekaran desa. Masyarakat jadinya tidak memberikan hak suara pada tanggal 7 Maret jika desa mereka tidak dimekarkan. Dari informasi diperoleh, ada tiga warga yang sudah menerima formulir undangan namun mengembalikan kembali kepada KPPS,” ucap Ketua Panwaslu Madina, Henri SSos.

Panwaslu Madina, sambung Henri sudah melakukan upaya klarifikasi kepada warga supaya tetap berpartisipasi menyalurkan hak suaranya pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumut dan tidak terpengaruh atas ajakan dan imbauan oknum tersebut. Karena itu merupakan upaya menghalang-halangi proses demokrasi di negara Indonesia.

“Kami sudah melakukan klarifikasi dan penjelasan kepada warga, agar tetap menyalurkan hak suaranya pada pemilihan Gubsu hari ini. Selanjutnya kami sudah memproses kasus ini dan akan kembali melakukan koordinasi dengan Gakkumdu,” ucapnya.

Baca Juga :  Pasar Sipirok Bau dan Jorok - Banyak Los Tak Difungsikan

Sementara IS belum berhasil dimintai penjelasan. “Tiga saksi juga sudah kami upayakan. Kasus ini akan tetap kami tindaklanjuti sesuai dengan undang-undang Pemilu. Baru bisa kita lihat sejauh mana pelanggaran yang dilakukan,” tambahnya. (man)

Analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*