Para Pedagang Ikuti Sosialisasi Cukai Rokok

Sabtu, 14 November 2009 – www.metrosiantar.com

Cukai Rokok

TAPSEL-METRO; Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UKM, Kabupaten Tapanuli Selatan, menggelar sosialisasi kepada para pedagang, tentang peredaran rokok yang tidak memiliki cukai tembakau, Jumat (13/11).

Kepala dinas perindustrian dan perdagangan, koperasi (Kadisperindagkop), Ir Junaim Nasution, kepada wartawan, mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka untuk mencegah beredarnya rokok yang tidak memiliki cukai tembakau di tengah-tengah masyarakat.

Kabupaten Tapanuli Selatan, katanya, tidak memiliki pabrik rokok ataupun sejenisnya, sehingga pihaknya melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada pedagang yang memperjual-belikan rokok. Para pedagang diharapkan agar teliti dan memperhatikan setiap rokok yang beredar itu, harus mempunyai cukai tembakau. Pasalnya, cukai merupakan pajak bagi negara. Dan jika tidak ada cukai tembakau namun tetap diperjual-belikan kepada masyarakat, maka sudah jelas pajaknya tidak masuk ke negara.

“Kita sifatnya hanya memberikan keterangan saja kepada pedagang biar mereka tahu jangan asal menjual rokok yang tak punya cukai tembakau karena itu penting dan merupakan pendapatan bagi negara melalui sektor pajak,” terangnya.

Ketika ditanya apakah dengan begitu juga ada keuntungannya kepada pemerintah daerah, dirinya mengatakan secara langsung tidak, namun secara nasional hal tersebut berlaku. Selain itu juga untuk lebih mengedepankan bagaiamana menghindari beredarnya rokok-rokok yang tidak memiliki cukai tembakau di pasaran seperti yang terjadi di Pulau Jawa dan sekitarnya sedangkan untuk Tapsel sendiri belum ada ditemukan rokok yang diperjual-belikan tidak memiliki cukai tembakau.

Baca Juga :  Polisi telusuri money laundering Adelin Lis, Sang Pembalak Hutan Mandailing Natal (Madina)

“Makanya kita berharap melalui sosialisasi ini makin meningkatkan kesadaran kita semua, khususnya pedagang untuk menjual rokok yang memiliki cukai tembakau karena itu merupakan pendapatan bagi negara dari sektor pajak,” ungkapnya. (phn)

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/para-pedagang-ikuti-sosialisasi-cukai-rokok/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*