Parkir Semraut, Pasar Pabukoan Macet

Paluta, Pasar Pabukoan (Ramadan) di se­panjang Jalan Perniagaan, Kelurahan Pa­sar Gunung Tua, Kecamatan Pa­dang Bolak yang menjajakan berbagai menu bu­kaan berpuasa kini menjadi lang­ganan macet.

Penyebab utamanya, masih rendah­nya kesadaran pengguna jalan untuk me­markirkan ken­daraannya.

Pantauan wartawan, kema­cetan ber­langsung mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.15 WIB jelang berbuka puasa. Pada jalan ini terlihat sebagian badan jalan sudah dijadikan sebagai lahan par­kir, sehingga arus lalin di jalan utama Ko­ta Gunung Tua kerap mengalami kemacetan.

Halomoan Siregar (36) salah satu penarik beca bermotor mengungkapkan, kemacetan di daerah Pasar Ra­madan itu kerap terjadi khu­susnya disaat men­jelang berbuka puasa.

“Macet sih selalu terjadi, apa­lagi men­jelang berbuka puasa, orang-orang pada ramai ber­datangan untuk membeli bu­kaan,” terang Halomoan, Jumat (19/6).

Halomoan yang selalu mang­kal di Pasar Ramadan sembari menunggu se­wa mengeluhkan kemacetan itu, apalagi disaat sore biasanya jumlah penum­pang yang akan meng­gunakan jasa ang­kutan sewa pasti me­ni­ngkat.

“Nungguin sewa di sini, masalah ma­cet mau gimana lagi, kita juga lagi cari makan,” kata­nya.

Sementara, Balyan Siregar berpenda­pat, bukan hanya beca yang melakukan parkir semba­rangan, sejumlah pemakai jalan juga parkir di berbagai tempat tanpa meng­indahkan pengguna jalan lain­nya.

“Warga biasa juga banyak yang asal parkir sembarangan, padahal dengan par­kir sem­barangan tentunya meng­gang­gu pengguna jalan lainnya,” ujar­nya.

Baca Juga :  PNS Pemko Padangsidimpuan Segera Terima THR

Sementara pengunjung, Ma­raudin Hasibuan, mengung­kapkan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di Pasar Ramadan adalah dengan melarang betor, angkutan umum maupun ken­de­raan lain untuk memar­kirkan kenderaannya di sepanjang ba­dan jalan, sebab hal itu katanya akan me­nimbulkan kemacetan ya­ng luar biasa.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Ka­bupaten Paluta Rachmat Efendi Harahap MM dimintai kete­rangan terkait masih adanya kemacetan yang terjadi di Pasar Ramadan Pasar Gu­nung Tua mengatakan, Dishub Palu­ta sudah menyiagakan personil di sekitar pasar Gunung Tua dengan tujuan untuk meminimalisir kemacetan.

Selain itu Dishub juga akan menegur pemilik kenderaan agar tidak memar­kirkan kende­raannya disembarang tem­pat, yang berpotensi bisa meng­akibatkan kemacetan sehingga arus lalin serta kenyaman peng­guna jalan lainnya tidak terga­nggu. (ong)


ANALISADAILY

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*