Pasar Komputer China Salip Amerika

KOMPAS.com – Penjualan komputer personal di China mungkin akan menyalip Amerika Serikat pada kuartal terakhir ini. Selama tiga dekade terakhir ini, AS mendominasi pasar komputer yang dipelopori oleh Apple Inc dan International Business Machines Corp.

Penjualan komputer di China meningkat 14 persen atau menjadi 18,5 juta unit selama kuartal kedua. Ini pertama kalinya, negeri yang memiliki penduduk lebih dari semiliar ini melampaui penjualan di AS.

Menurut Bryan Ma, analis perusahaan riset IDC, penjualan komputer di AS jatuh 4,8 persen atau menjadi 17,7 juta. Ia pun memprediksi, total penjualan komputer di China pada tahun 2012 nanti akan melewati AS.

Nilai penjualan komputer di China sepanjang kuartal kedua ini mencapai 11,9 miliar dollar AS. Sementara, penjualan komputer di AS sebesar 11,7 miliar dollar AS. China pun telah menguasai 22 persen pasar komputer personal global, sedangkan AS memegang 21 persen pangsa pasar global.(Kontan/J. Ani Kristanti)

Sumber :
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*