Pasar Parbukoan Di Sidimpuan Tetap di Monginsidi

Foto By; (Facebook) Plaza Anugerah Sidimpuan Atc - Pasar Sangkumpal Bonang

Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Pemko Psp) tetap menetapkan Jalan Monginsidi sebagai pasar pabukoan selama Ramadan. Hal ini disampaikan Asisten II Pemko Psp Ir Ahmad Nasution MM, yang juga menjabat sebagai koordinator rencana pembukaan pasar pabukoan di Jalan Mongonsidi, kepada METRO, belum lama ini.

Menurut Ahmad, alasan ditetapkannya Jalan Monginsidi sebagai lokasi pasar pabukoan karena lokasi tersebut sesuai dengan yang diinginkan oleh pedagang pabukoan yang hanya berjualan sekali dalam setahun.

Saat disinggung mengapa tidak membuka pasar pabukoan di Alaman Bolak yang jauh lebih luas, tak menghambat jalan, dan tidak mengganggu pedagang lain, Ahmad beralasan, tahun sebelumnya sudah pernah dicoba di Alaman Bolak. Namun, semua pedagang mengeluh dagangannya tidak laku.

“Itu alasan-alasan kenapa Jalan Monginsidi tetap kita tetapkan sebagai pasar pabukoan untuk tahun ini. Seharusnya sama-sama pengertianlah. Cuma sekali setahun kok, sama-sama mencari hidupnya kita semua, adalah toleransi,” ucapnya.

Ahmad menambahkan, sejauh ini belum ada pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan warga setempat dan instansi terkait. “Secepatnya kita lakukan pertemuan. Namun, pasar pabukoan tetap di Jalan Monginsidi, mengenai besaran tarif retribusi belum tahu berapa masih sedang kita bicarakan bersama-sama dengan instansi dan dinas terkait,” tegasnya.

Sementara itu Kadisperindagkop Psp Drs Samakmur MM, sebelumnya menjelaskan, ada beberapa persoalan yang dihadapi para pedagang kalau pasar pabukoan didirikan di Jalan Mongonsidi. Pertama, ketidaknyamanan karena barang pedagang tidak bisa sampai ke depan pertokoan masing-masing dan kebersihan di sepanjang jalan dan lainnya. “Tapi kalau hal ini bisa diatasi pemerintah, rasanya tidak menjadi persoalan,” ucap Samakmur.

Baca Juga :  Bupati Ajak TP PKK Tapsel Kencangkan Ikat Pinggang

Disinggung desain rencana pasar pabukoan yang akan didirikan Pemko, Samakmur menambahkan, tidak seperti tahun lalu yang sampai menutupi seluruh Jalan Mongonsidi.

“Jika masuknya dari arah Alaman Bolak, sebelah kanan akan diberi jalan selebar 2,2 meter, sehingga kendaraan yang hendak mengangkut barang dagangan untuk sampai ke depan tokonya masing-masing tetap bisa, kemudian di sebelah kiri akan diberi 1 meter untuk pejalan kaki. Kalau tahun lalu jumlah tenda yang didirikan mencapai 200-an tenda, tahun ini Pemko Psp merencanakan 118 tenda, sehingga jalur kendaraan dan pejalan kaki di jalan tersebut tetap ada,” terangnya.

Sumber: http://metrosiantar.com/sidimpuan_raya_/Pasar_Pabukoan_Tetap_di_Monginsidi

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*