Pasar Sipirok Tak Miliki TPA – Penanganan Sampah Seadanya

Penanganan sampah di Pasar Sipirok selama ini terkesan lamban dan dilakukan dengan seadanya. Soalnya, pasar tersebut tidak menyediakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), akibatnya, lingkungan pasar kotor, dan kesannya kumuh karena banyak sampah berserakan.

Amatan METRO, Jumat (28/10), tidak adanya TPA sehingga banyak sampah berserakan. Lokasi pembuangan sampah yang selama ini dipinggir Jalinsum. Bahkan daerah itu dua minggu terakhir telah longsor diterjang hujan deras. Begitupun, pihak PU Provinsi telah memperbaikinya.

Kepala Dinas (Kadis) Tata Ruang Pemukiman (Tarukim), Syahril ketika dimintai keterangan tentang keberadaan TPA tersebut kepada METRO Kamis (28/10) mengatakan, selama ini Sipirok belum memiliki TPA secara resmi, hanya saja beberapa waktu lalu lokasi pembuangan sampah tersebut diserahkan pada pihak kecamatan sehingga ketika pihak tarukim menangani sampah di Pasar Sipirok kebiasaan membuang sampah di pinggir Jalinsum tersebut tetap dilanjutkan. “Sepengetahuan saya kita belum memiliki TPA, dan sebelumnya ditangani kecamatan ,” katanya.

Ditambahkannya, penganan sampah tidak boleh lagi dibuang ke TPA, tetapi harus dikelola menjadi hal yang berharga baik didaur ulang atau diolah menjadi bahan bernilai ekonomis. “Program yang dianjurkan saat ini tentang penangan sampah tidak lagi menuju TPA, tetapi diolah menjadi bahan bernilai ekonomis, namun belum bisa kita terapkan, ” pungkasnya. (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Benahi RSU Padangsidimpuan, dr Aminuddin Dipercayakan Jabat Kursi Direktur

1 Komentar

  1. sebaiknya ya dibuatkan tempat penampungan sampah dan sekaligus alat pemusnah untuk sampah yg.tdk dipungut pemulung,sy sendiri menangani sampah pasar dgn.50 warung dan sampah warga 4 kampung cukup alat pemusnah 2×2 m.(mungkin tdk.percaya)silahkan buka teknologitpa.blogspot.com atau inovasi pemusnah sampah dlanggu,yg.jelas tdk.akan pernah ada persoalan ttg.sampah bila ada alat tsb.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*