Pasca 6 Hari Lebaran Objek Wisata Paluta Tetap Padat

Pasca 6 Lebaran, pengunjung di objek wisata sejarah Candi Bahal Portibi, Kabupaten Padanglawas Utara masih padat.

“Masyarakat Padanglawas Utara, Padanglawas dan sekitarnya, yang juga hendak balik masih melakukan perjalanan wisata sejarah di Candi Bahal Portibi,” kata anggota DPRD Padanglawas Utara, Ashar Efendi Hasibuan, pagi ini.

Ashar mengatakan, mudik wisata di Padanglawas Utara biasanya mengunjungi Candi Bahal Portibi.

Pantauan di Jalan lintas Gunungtua-Sibuhuan, Portibi, arus kendaraan mulai terlihat semakin meningkat dan rata-ratanya menyempatkan mengunjungi Candi Bahal Portibi.

Namun hal ini sangat disayangkan, karena pengunjung yang begitu membludak hanya pada saat lebaran saja. Sedangkan untuk hari biasa Candi Bahal Portibi sepi dari pengunjung.

Pengunjung Candi Bahal makin berkurang, sementara banyaknya kutipan disinyalir untuk kepentingan pribadi membuat wisatawan lokal enggan berkunjung.

Manurut pantauan, pengunjung  datang dari berbagai berbagai daerah dan  mayoritas dari Tabagsel mengeluhkan kutipan yang mahal,  padahal tempat parkir hanya di pinggir jalan dan bukan  disediakan oleh pengutipnya.

Besarnya kutipan yang dialaskan sebagai uang parkit  bervariasi, roda empat Rp10 ribu, roda dua Rp3 ribu hingga Rp5 ribu, sedangkan di karcis parkir yang disediakan pengutip tidak menyebutkan besarnya biaya parkir.

Seorang pengunjung asal Padanglawas Habib Hasibuan,  warga Kab. Padanglawas kepada Waspada mengatakan,  jika hanya sekedar uang parkir dalam jumlah yang biasa tidak merasa keberatan, namun hal ini dinilai terlalu berlebihan.

Baca Juga :  POESPERA TAPSEL: Polres Tapsel Tangkap / Lepas BBM Seludupan?

Menurutnya, kutipan  itu  hanya ulah pemuda yang yang mencari keuntungan di lokasi milik pemerintah, karena karcis hanya bertuliskan parkir Candi Portibi yang tidak memakai lambang atau logo pemerintah.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=143068:objek-wisata-paluta-tetap-padat&catid=15:sumut&Itemid=28

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*