Password Sekali Pakai, Bikin Facebook Lebih Aman

Facebook merilis fitur keamanan baru berupa password sekali pakai. Password ini membantu pengguna melindungi akun mereka ketika log in menggunakan komputer di tempat umum.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Sangat mudah, mereka yang ingin mengakses Facebook dari komputer di tempat umum namun khawatir password mereka bobol, cukup mengirimkan SMS berisi ‘ops’ menggunakan ponsel ke nomor 32665.

Jika ponsel telah terhubung dengan akun Facebook melalui layanan Facebook mobile, pengguna akan mendapat SMS balasan berisi password sementara yang hanya bisa digunakan satu kali dan akan hangus dalam waktu 20 menit.

“Fitur ini segera tersedia bagi seluruh pengguna Facebook dalam beberapa pekan lagi,” demikian pengumuman yang disampaikan Facebook, dilansir Mashable dan dikutip detikINET, Rabu (13/10/2010).

Tentunya, kehadiran fitur ini bisa menambah rasa aman para pengguna Facebook. Mereka tak perlu lagi khawatir ketika lupa log out setelah mengakses akun Facebook mereka di komputer perpustakaan, hotel atau tempat umum lainnya. Akun akan tetap aman karena tak seorang pun bisa memasukinya berkat password sekali pakai yang langsung ‘kadaluwarsa’ setelah 20 menit.

Ya, tampaknya Facebook kian fokus pada masalah keamanan. Ini terlihat dari beberapa fitur baru yang berhubungan dengan keamanan. Bulan lalu saja, Facebook merilis fitur remote log out yang sekaligus berfungsi memantau aktivitas akun. Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui apabila ada orang lain yang tengah mengakses akunnya dan langsung melakukan sign out dari jarak jauh.

Baca Juga :  Firefox 4 Akhirnya Dirilis

( rns / wsh )

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/10/13/134013/1463753/398/password-sekali-pakai-bikin-facebook-lebih-aman/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*