Pecandu Game Lineage II Tuntut Pembuat Game Dan Menang di Pengadilan

Craig Smallwood adalah salah satu contoh korban kecanduan game yang parah. Smallwood terpaksa dimasukkan ke rumah sakit dan terus menjalani terapi untuk mengatasi gangguan emosional dan depresinya.

Semua itu gara-gara ia tak sanggup menahan diri dan terjebak dalam kecanduan game Lineage II selama 20.000 jam. Akibat peristiwa itu, Smallwood pun mengajukan gugatannya pada NC Interactive selaku penerbit game tersebut di AS.

Dalam gugatannya ia beranggapan NC Interactive lalai memberikan peringatan akan dampak buruk dari game tersebut. Smallwood juga mengatakan NC Interactive telah mengunci tiga account miliknya tanpa peringatan.

Gugatan Smallwood menyebut tindakan NC Interactive sebagai praktek dagang yang tidak fair dan menipu, pencemaran nama baik dan juga sengaja menyebabkan gangguan emosional pada dirinya.

Meski gugatan itu telah diajukan sejak 2009, rangkaian sidang Smallwood baru dimulai di Agustus 2010 ini. Rangkaian diawali dengan upaya dari NC Interactive untuk menghentikan gugatan.

NC Interactive menggunakan dasar End User License Agreement (EULA), yang disetujui pengguna saat instalasi software, untuk mencegah gugatan Smallwood. Dalam EULA untuk LIneage II, terdapat pasal yang menggugurkan tanggung jawab NC Interactive bila pemain game mengalami kerugian.

Biasanya, upaya itu akan dikabulkan oleh sang hakim sehingga gugatan pun akan buyar. Namun, seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Rabu (1/9/2010), hakim Alan C. Kay, mendobrak kebiasaan dan mengatakan gugatan itu sah-sah saja dilakukan.

Baca Juga :  Apa Beda Windows 7 dan Windows 8?

Keputusan hakim itu diambil berdasarkan hukum Hawaii, tempat penggugat berasal, dan Texas, tempat tergugat. Hukum di kedua negara bagian itu melarang perusahaan membuat klausul lepas tanggung jawab.

Di satu sisi, kemenangan ini cukup berarti bagi Smallwood, karena sangat jarang penggugat bisa lolos dari ‘jebakan’ EULA. Namun di sisi lain ia masih harus menghadapi sidang-sidang berikutnya untuk membuktikan apakah benar NC Interactive melakukan perbuatan melanggar hukum.

SUmber: http://www.detikinet.com/read/2010/09/01/101122/1432501/323/pecandu-game-lineage-ii-menang-di-pengadilan/?i991101105

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*