Pedagang di Pekan Selasa Ditertibkan

Paluta,  Puluhan pedagang di wilayah pasar Purba Bangun, Pekan Selasa, Kecamatan Portibi, ditata dan ditertibkan Satpol PP  bekerjasama dengan Dinas Damkar, Pertamanan dan Kebersihan Paluta, Selasa (12/8).

Penertiban digelar mendadak dipimpin Kadis Damkar Paluta Makmur Harahap didampingi Kasatpol PP Paluta Ali Ja’far Harahap dan sejumlah petugas dan PNS.

Kasatpol PP Paluta Ali Ja’far Harahap mengatakan, penertiban pasar ini agar para pedagang dapat ditata dan dikelompokkan sesuai dengan jenis barang dagangan masing-masing agar pasar lebih tertata dengan baik.

Dijelaskannya, para pemilik kios ataupun pedagang yang berjualan di bangsal yang telah disediakan diimbau agar tidak meletakkan dagangannya hingga ke luar kios ataupun bangsal tempatnya berjualan sebab dapat mengganggu para pembeli yang hendak melintas dan berbelanja.

“Kita menata ruang pedagang dan dikelompokkan sesuai dengan barang dagangannya, dan juga kita menghimbau agar para pemilik kios ataupun los tempat berjualan supaya tidak meletakkan barang dagangannya di luar kios sebab dapat mengganggu para warga yang mau berbelanja,” tegas Ja’far.

Selain itu, para pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang halaman dan teras pasar diarahkan agar tidak berjualan di tempat tersebut dan berjualan di tempat yang telah disediakan dan sudah ditata dengan baik yakni di lorong yang berada di antara kios dan bangsal berjualan.

Senada dikatakan Kadis Damkar Paluta Makmur Harahap. Menurutnya, penataan pasar ini juga untuk mengurangi macet yang terjadi akibat dari kenderaan yang parkir di pinggir jalan karena halaman pasar yang diperuntukkan sebagai tempat parkir telah di isi oleh para pedagang kaki lima.

Baca Juga :  700-an Petani di Saba Bolak Tanam Padi Setahun Sekali

Makmur menambahkan pihaknya akan terus melakukan penertiban dan penataan pasar ini agar masyarakat yang berbelanja lebih nyaman dan para pedagang yang berjualan lebih tertata dengan rapi tanpa harus ada pihak yang merasa dirugikan. “Penertiban dan penataan pasar ini akan terus berkelanjutan ke pasar-pasar yang lain di seluruh wilayah Kabupaten Paluta,”ungkapnya.

Terpisah, seorang pedagang pakaian, Asmar Harahap (48), mendukung penataan pedagang dan pasar ini sebab dengan tertib dan tertatanya situasi pasar akan membuat masyarakat lebih nyaman berbelanja dan akan berpengaruh positif bagi pendapatan mereka. “Bagus itu program penataan pasar, kalau pasarnya rapi dan tertib, masyarakat nyaman berbelanja, pendapatan kita akan semakin baik dan kita juga akan senang berjualan disini,” ujarnya.

Pantauan wartawan, Selasa (12/8) penertiban dan penataan pasar oleh Satpol PP dan Dinas Damkar Paluta di pasar Purba Bangun, Pekan Selasa, Kecamatan Portibi berlangsung dengan baik, aman dan lancar. (ong)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*