Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikan

SUKRI FALAH HARAHAP – www.waspada.co.id

Right+To+education Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan PendidikanBagaimana komentar kalangan pelajar di Tapanuli Selatan tentang pemilihan kepala daerah (pilkada) yang digelar 12 Mei 2010 ?  Lalu bagaimana pula harapan mereka terhadap pemimpin Tapanuli Selatan lima tahun ke depan ?

Sejumlah pelajar yang ditemui dan telah memiliki hak suara di SMAN 1 Batang Angkola, menginginkan bupati yang peduli pendidikan dan tenaga kerja.

Seperti diungkapkan Juli, 18, Ija, 18, Sri, 18, Lela, 18, dan Rahmad, 18. Mereka bersama teman-teman satu sekolah lainnya, sebagian besar telah terdaftar sebagai pemilih pada pemilu legislatif 2009 dan di pilkada ini pun akan ikut juga.

Mereka mengakui, bupati sekarang cukup peduli dengan pendidikan. Telah memprogramkan beasiswa bagi seluruh siswa berprestasi. Bahkan seorang putri Tapsel dari Batang Toru, telah dikuliahkan ke luar negeri dengan pembiayaan ditanggung penuh oleh Pemkab Tapsel melalui APBD.

Demikian juga dengan tenaga kerja. Warga diberi pendidikan keterampilan hingga ke luar daerah dan memberdayakannya di sejumlah sentra industri  di Tapsel. Hal ini dipandang sudah cukup bagus dibanding program pemerintahan sebelumnya.

Putra-Putri Tapsel saat ini dibekali keterampilan dan bekerja di kampung halamannya. Mereka terus dibina dan dibimbing agar hasil kerjanya memiliki kualitas dan mampu mengikuti perkembangan pasar.

Pencapaian program di pendidikan dan tenaga kerja, kata siswa tadi, cukup maksimal. Hanya saja kesempatan meningkatkan mutu pendidikan, bantuan bea siswa, dan kesempatan mengisi lowongan kerja ini hanya dimiliki orang-orang berprestasi dan berketerampilan saja.

“Siswa yang tak berprestasi dan warga yang tidak punya keterampilan, tidak mendapatkan apa-apa. Kita akui, memang hal ini mendorong siswa untuk lebih berprestasi, dan warga juga terdorong untuk punya keterampilan,” kata siswa.

Mereka sudah berusaha untuk bisa berprestasi dan punya keterampilan, namun tetap tidak berhasil. Karenanya, siswa ini berharap kepada pemimpin Tapsel lima tahun ke depan memikirkan nasib siswa tidak berprestasi dan warga yang masih menganggur.

“Kami telah berusaha, tapi tetap tidak bisa mengimbangi teman-teman yang telah berprestasi. Akhirnya kami hanya bisa mendengar program itu, dan merasa iri dengan teman-teman yang menerimanya,” ungkap mereka.

Kalangan siswa ini berharap pemimpin Tapsel ke depan, membuat program khusus agar bisa menyamai prestasi teman-temannya penerima beasiswa.

Sehingga kalaupun tidak mendapatkan beasiswa saat di bangku SMA, tapi bisa bersaing masuk ke perguruan tinggi yang terbaik dan terkenal di Indonesia.

Sementara para siswa yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berharap pemimpin Tapsel nanti memberi kesempatan mengikuti pelatihan keterampilan. Sehingga bisa ikut serta dalam program yang digalakkan Pemkab bersama Dekranasda Tapsel.
(dat04/wsp)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikanfacebook Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikantwitter Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikanlinkedin Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikanemail Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikanprint Pelajar Tapsel Berharap Bupati Serius Majukan Pendidikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*