Pelaksanaan Proyek Jalan Sosopan Menuai Kritik

Pelaksanaan proyek jalan Provinsi Sibuhuan – Aek Godang melalui Sosopan di Kabupaten Padang Lawas (Palas), mulai menuai kritik dari sejumlah lapisan masyarakat di daerah ini. Pasalnya, pengerjaannya tidak sesuai dengan Kepres 80 dan UU No.32  Tahun 2004.

Kritikan tersebut bukan saja muncul dari kalangan bawah, tetapi praktisi politik. Seperti yang diutarakan Ketua PPP Kabupaten Padang Lawas Ir Samson Fredy Hasibuan, Selasa (4/5). Dikatakan pengerjakan proyek itu terkesan dikerjakan asal jadi.

Dikatakannya, dari tatacara pengerjakannya, proyek tersebut diduga terjadi ketidaksesuaian antara keadaan lapangan dengan disain. Hal ini dibuktikan dengan pengerjakan dek yang  tidak menggunakan fondasi.

Selain itu, pimpinan proyek juga tidak memprhatikan kelancaran lalu lintas. Akibatnya terjadi kemacetan karena penempatan bahan material tidak terakomodasi atau lebih setengah badan jalan terpergunakan untuk penempatan material.

Dalam kesempatan  itu, Samson Fredy yang juga ketua Fraksi PPP DPRD Palas mengingatkan kepada Dinas terkait dan pengawas proyek agar benar-benar ekstra ketat  dalam memberi laporan terhadap pelaksanaan proyek multi years tersebut.

Sementara Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Palas Idham Butar-butar menyesalkan sikap kontraktor yang tidak serius mengadakan sosialisasi terhadap masyarakat. Padahal jika program tersebut diketahui masyarakat secara jelas, pelaksanaan proyek akan lebih maksimal.

Makanya dia berharap agar konsultan pengawas proyek melakukan pengawasan yang profesional  pada setiap tahapan pengerjaan. Apabila pihak pengawas terkontaminisasi dan tidak profesional, hanya akan menghabiskan anggaran negara.

Baca Juga :  Banjir di Mandailing Natal Mulai Surut

Sumber: http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=36460:pelaksanaan-proyek-jalan-sosopan-menuai-kritik&catid=32:sumut-dan-aceh&Itemid=58

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Semoga jalan di kecamatan sosopan bisa di perbaiki mulai dari desa pagaranbira jae hingga perbatasan palas dan paluta,orangpun malas jika lewat dari jalan lintas sosopan,banyak juga kecelakaan akibat jalan yang rusak,ukuran jalanpun sangat sempit.saya mohon kepada pemerintah palas agar bisa memperbaiki jalan di seluruh kecamatan sosopan,tidak hanya di kecamatan sosopan tapi diseluruh palas,supaya daerah kita ini tampak lebih maju dan tidak malu jika orang dari daerah lain lewat dari jalan yang rusak di kabupaten kita

  2. Pada prinsipnya kami sangat mengharapkan jalan ini baik dan mudah dilalui, jalan Sosopan ini sangat penting baik bagi Kabupaten Padang Lawas maupun Kabupaten Tapanuli Selatan, karena jalan ini akan dapat menghemat biaya, saya pulang dari Pekanbaru pasti lewat jalan ini. Masalah pelaksanaan yah laksanakan saja sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan ingat sekarang sudah efektif Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi Publik, Laporan bulanan dari Kegiatan itu bisa masyarakat minta kalau tidak dikasi masyarakat bisa mempidanakan kepala satuan kerja pelaksana jalan tersebut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*