Pemakaian Korset Pengecil Pinggang, Berisiko Kerusakan Tulang

Tren memakai korset pengecil pinggang seperti zaman Victorian dulu, sejak setahun lalu kembali marak. Sederet selebritis, seperti Kim Kardashian hingga Jessica Alba pun menggunakan korset untuk merampingkan pinggangnya. Namun, apakah benar korset pembentuk badan ini efisien membuat pinggang lebih keci dan ramping?

“Memakai korset tidak akan menghilangkan lemak pada pinggang anda,” demikian Holly Phillips, MD, seorang spesialis penyakit dalam dari New York, berkata pada Yahoo Health.

Penggunaan korset yang tidak sulit untuk dilakukan cukup menarik calon pengguna, tinggal dikenakan, tahan napas serta tarik perut, kemudian pasang erat talinya . Trik yang mudah ini, memang terlihat menjanjikan untuk mengecilkan pinggang dan memperjelas lekuk tubuh. Namun, seorang ahli bedah plastik, Andrew Miller, MD, berkata bahkan hasilnya nanti tidak akan seperti hasil operasi atau laser lemak.

“Korset itu sendiri tidak memiliki efek langsung terhadap lemak atau anatomi Anda. Jika Anda sudah tidak mengenakan korset lagi, (bentuk tubuh) Anda akan kembali saja seperti semula,” jelasnya.

Meski pemakaiannya tidak nyaman dan tidak berpengaruh apapun pada penampilan Anda, sebenarnya jika tidak dipakai dalam waktu lama, penggunaannya tidak berbahaya.Tetapi, jika dipakai dalam beberapa hari, minggu, atau bahkan beberapa bulan, risikonya bisa menjadi besar dan mengancam kesehatan si pengguna. Beberapa penyakit yang mengancam akibat penggunaan korset adalah maag, kerusakan tulang, paru-paru basah, hingga masalah-masalah terkait jantung dan ginjal.

Baca Juga :  Siasati Hobi Mengonsumsi Makanan Manis

Untuk kasus paska-melahirkan, memang ada kalanya disarankan memakai korset yang dapat menyokong bentuk tubuh setelah melahirkan. Tapi, korset tersebut berbeda dengan korset pengecil pinggang. Bahkan, setelah melahirkan pun, jika Anda ingin menggunakan korset, ada baiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda atau ahli terapi.


Editor: Bestari Kumala Dewi
Sumber: Tribunnews.com
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*