Pemalsuan Data Otentik Amdal PT Agincourt Resource – Laporan Warga Batang Toru `Mandeg` di Polda Sumatera Utara

Pelaporan warga Batang Toru terhadap pemalsuan data akta otentik atas AMDAL dan revisi Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL) PT Agincourt Resource (AR) `mandeg` di Polda Sumatera Utara.

“Hingga saat ini, belum ada peningkatan status sejak pihak Polda pernah mengundang warga untuk meminta keterangan, bahkan mereka telah melakukan cek TKP ke 3 kecamatan,” pungkas Mustar kepada LICOM di Jakarta, Kamis (8/11/12).

Hal itu disampaikan Mustar Bona Ventura, aktivis Bendera yang menjadi pendamping Warga Tapanuli, saat memaparkan Kronologis Perlawanan Masyarakat Tapanuli, Sumatera Utara, terhadap penanaman pipa air limbah PT Agincourt Resource (AR) di pantai barat Tapanuli bagian selatan Sumatera Utara, untuk penambangan emas.

Awalnya, tanggal 26 Juli 2012, warga bersama Ketua Par Tabangsel, salah satu LSM yang mendampingi warga dalam perjuangannya membuat laporan Polisi ke Polres Tapanuli Selatan terkait adanya keterangan palsu atas akta autentik atas ANDAL dan revisi RKL, RPL PT AR sesuai dengan surat tanda terima laporan Nomor: LP/217/VII/2012/SU/TAPSEL.

Mustar menjelaskan, dalam proses penyelidikan, pihak Polda Sumatera Utara memang telah mengundang warga untuk memberikan keterangan terkait persoalan ini. Bahkan, Polda Sumut juga telah melakukan cek TKP ke kecamatan Batang Toru dan Muara Batang Toru, serta Angkola Sangkunur. Namun, hingga saat ini belum ada peningkatan status dari penyelidikan menjadi penyidikan dari Polda Sumut.@Lysistrata

Baca Juga :  Pengelola Pasar Sangkumpal Bonang Akan Dibahas

Sumber: www.lensaindonesia.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*