Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau ‘Kebun Angin’ Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Ini

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Kabupaten Sidrap - Foto: Pool/PLTB Sidrap

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau ‘kebun angin’ di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan akan beroperasi pada Desember tahun ini. PLTB Sidrap adalah yang pertama di Indonesia dan berkapasitas 75 MW. PLTB Sidrap digarap oleh UPC Renewables dan PT Binatek Energi Terbarukan.

“PLTB Sidrap Desember beroperasi,” ujar Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN, Nicke Widyawati di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2017).

PLTB Sidrap akan menghasilkan listrik sebesar 75 MW dari 30 turbin angin berukuran raksasa. Sebagian komponen dari turbin tersebut didatangkan langsung dari Spanyol dan diproduksi oleh perusahaan asal negara yang sama, Gamesa.

‘Kebun Angin’ Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Ini.’Kebun Angin’ Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Ini.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu sidrap 1 Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Kebun Angin Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Ini
Foto: Pool/PLTB Sidrap

PLTB Sidrap merupakan pembangkit tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia yang memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektar. Dengan kapasitas 75 MW, PLTB Sidrap diproyeksi mampu mengalirkan listrik untuk 70.000 pelanggan di Sulsel dengan daya listrik rata-rata 900 VA.

Jumlah ini setara dengan 7% pasokan listrik untuk seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Tambahan ini pun akan membantu rasio elektrifikasi di Sulawesi Selatan bahkan cadangan daya sistem Sulsel akan menjadi sebanyak 500 MW di tahun 2018.

Selanjutnya, di tahun mendatang, Nicke mengatakan PLTB Jeneponto 65 MW juga ditargetkan beroperasi. PLTB Jeneponto dibangun di atas bukit sekitar 30 hektar oleh PT Energi Bayu Jeneponto dengan biaya investasi US$ 150 juta.

“Kedua, Jeneponto beroperasi tahun depan, jadi ada 140 MW pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB),” ujar Nicke. (ara/mkj)

/DETIK.com

google Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Kebun Angin Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Inifacebook Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Kebun Angin Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Initwitter Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Kebun Angin Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Inilinkedin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Kebun Angin Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Iniemail Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Kebun Angin Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Iniprint Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Kebun Angin Pertama RI 75 MW Beroperasi Akhir Tahun Ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*