Pembangunan Jalinsum Sosopan Mulai Rampung, Lebaran Sudah Bisa Dilalui

Tiga unit alat berat tampak beraktifitas melakukan pengerjaan pembukaan jalur baru Jalinsum Sosopan yang diperkirakan pada Lebaran nanti sudah bisa difungsikan.

Pelaksanaan pembukaan jalur baru pada Jalinsum Sosopan sepanjang 3,8 km yang menghubungkan Desa Ulu Aer dan Desa Hulim, Kecamatan Sosopan masih terus dilakukan.

Pengerjaan yang dimulai sejak 15 April lalu itu kini sudah mulai rampung. Diperkirakan pada lebaran nanti, jalan baru itu sudah bisa dilewati. “Jadwal pekerjaan kita memang selama Lima Bulan dan dari taksiran kami pada kondisi pekerjaan sekarang ini sudah mencapai kira-kira 70 persen. Mudah-mudahan ke depan tetap tidak ada kendala.

Begitupun cuaca maunya bersahabat hingga lebaran sudah bisa fungsikan. Walaupun hanya sebatas jalan batu yang sudah dipadatkan, dan itu nanti tidak terlalu mengancam pengguna jalan lagi, seperti jalan lama tergelincir sikit pengendara bisa masuk jurang,” terang Kepala BPBD Palas M Irwan Baginda melalui PPK Pelaksana pekerjaan Fahruddin ST, kemarin (27/5) di lokasi pembukaan jalan baru Provinsi itu.

Selesai pembangunan jalan baru sepanjang 3,8 km dengan lebar 12 meter nantinya, pihak BPBD yang menangani jalan ini untuk selanjutnya merencanakan akan melaporkan kondisi jalan tersebut ke Dinas PU Binamarga Provinsi Sumatera Utara.

Dengan harapan seterusnya akan meminta agar pembangunannya dilanjutkan ke tahap pengaspalan sesuai dengan harapan masyarakat Sosopan.

Baca Juga :  Madina dan Tapteng berpeluang curah hujan

“Kita hanya sebatas penanganan bencana. Untuk itu, usai pekerjaan selesai nanti, kita harapkan Dinas PU Binamarga Provsu dapat menindak lanjuti pembangunan ini, dan kita juga memang sudah merencanakan berkoordinasi nanti apabila kerjaan ini telah selesai,” harap Fahruddin.

Sebelumnya, pengerjaan Jalan Lintas Sosopan terus dilaksanakan. Hingga kini, pengerjaan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas itu telah tembus membelah gunung berkisar 3,8 kilometer.

Sebelumnya, jalan yang longsor berkisar 5 kilometer lebih. Artinya pembukaan jalan baru Jalinsum Sosopan ini selain memperpendek jarak tempuh dari Ulu Aer-Hulim, juga diperkirakan lebih kuat dan tak longsor.

Kaban BPBD Palas M Irwan Baginda Hasibuan melalui Kasubbid Pra Bencana dan Pasca Bencana Fahruddin ST mengatakan, pengerjaan yang menurunkan tujuh alat berat ini diupayakan semaksimal mungkin dapat mempergunakan dana yang ada untuk sementara. Meski perkiraan hanya membutuhkan tambahan dana sedikit lagi untuk perbaikan permanen lainnya terhadap jalan Sosopan ini.

Sumber : metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*