Pembentukan Kabupaten Pantai Barat “Bergulir”

Masyarakat Madina (Mandailing Natal) tergabung dalam panitia persiapan pemekaran wilayah Pantai Barat Kabupaten Madina mengajukan rencana pembentukan Kabupaten Pantai Barat pemekaran dari Kabupaten Madina ke DPRD Sumut, Rabu (21/7), diterima langsung Komisi A DPRD Sumut.

Panitia Persiapan Pemekaran Wilayah Pantai Barat Ghozali Pulungan (Sekda Madina), Ir Wildan Nasution, H Syariful Lubis, Arsidin Batubara SE, Harminsyah Batubara, Aswin, Zulkarnaen Nasution SE, H Amiruddin, Ali Hanafiah SH, Hamzah Lubis, HM Yusuf Nasution dan Drs H Imran Nasution mengungkapkan, Kabupaten Pantai Barat yang diusulkan terdiri dari 7 kecamatan, yaitu Kecamatan Natal, Batahan, Muara Batang Gadis, Sinunukan, Linggabayu, Ranto Baek dan Batang Natal.

Diungkapkan, metode yang dipakai metode rata-rata yang membandingkan besaran/nilai tiap calon daerah dan daerah induk terhadap besaran/nilai rata-rata keseluruhan daerah di sekitarnya. Dari penilaiaan seluruh aspek sesuai PP 78/2007 ternyata Kabupaten Madina sangat memenuhi syarat untuk dimekarkan, sehingga sangat layak untuk direkomendasikan.

Dalam pertemuan yang dihadiri Ketua dan anggota Komisi A, Muhammad Nuh, Suasana Dachi SH, Sudirman Halawa SH, Hasbullah Hadi, Oloan Simbolon mengungkapkan, pada prinsipnya Komisi A menampung aspirasi masyarakat yang menginginkan pemekaran daerah menjadi kabupaten maupun provinsi.

“Lembaga legislatif wajib menampung aspirasi pemekaran daerah, karena itu sudah amenjadi tugas dan tanggung jawab dari DPRD. Untuk itu, panitia disarankan agar melengkapi syarat formal yang sudah diatur menurut UU 32 tahun 2004 dan PP 78 tahun 2007,” ujar Dachi.

Baca Juga :  Tambang Emas Martabe Fasilitasi Studi Banding Kelompok Tani

Karena, lanjut Suasana Dachi, pemekaran itu merupakan salah satu tujuan pemerintah agar dapat mewjudkan kesejahteraan masyarakat yang sesungguahnya dan memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintah yang maksimal kepada masyarakat.

Sumber: http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=40928:pembentukan-kabupaten-pantai-barat-bergulir&catid=32:sumut-dan-aceh&Itemid=58

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. IYA KAMI SANGAT BERHARAP AGAR PEMEKARAN PANTAI BARAT SECEPAT NYA TERLAKSANA, AGAR PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR UNTUK PANTAI BARAT TIDAK DI ANAK TIRI KAN, SEBAGAIMANA YANG KAMI RASA KAN SELAMA INI SEBAGAI PUTRA PANTAI BARAT.
    KAMI SANGAT BERHARAP PADA PUTRA PANTAI BARAT YANG MEWAKILI PANTAI BARAT YANG ADA DI DPRD SEKARANG AGAR BERJUANG UNTUK PANTAI BARAT.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*