Pembentukan Provinsi Sumteng Harus Libatkan Semua Pihak

Usulan pembentukan provinsi baru Sumatera Tenggara (Sumteng) harus benar-benar untuk mempercepat laju pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat di segala sektor kehidupan. Selain itu, perjuangannya juga harus melibatkan semua pihak.

“Utamakan hak-hak masyarakat dalam perjuangan pembentukan propinsi baru di wilayah Tabagsel ini,” ujar aktivis mahasiswa Sumut, putra Kabupaten Padang Lawas, Iqbal Hanafi Hasibuan, Minggu (23/1).

Selain itu, sebut Iqbal, dalam pengalokasian anggaran perjuangan pembentukan Provinsi Sumteng di APBD yang telah dideklarasikan lima kabupaten/kota dan para tokoh di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) akhir tahun 2008 lalu di Sipirok, agar dikelola secara transparan, akuntabel, dan melibatkan banyak pihak.

“Itu merupakan salah satu langkah sehingga dorongan dan kekuatan pembentukan Provinsi Sumteng semakin menyeluruh di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Tidak itu saja, dalam setiap pergerakan perjuangan usulan pembentukan provinsi baru itu, dirinya berharap semua pihak dilibatkan, seperti mahasiswa asal Tabagsel di perantauan. Bukan hanya pemerintah daerah, legislatif, tokoh-tokoh masyarakat saja. Selain itu, setiap langkah yang telah dicapai disampaikan ke seluruh lapisan masyarakat.

Sehingga, masyarakat bisa tahu sudah sejauh mana perjuangan yang dilakukan dan bagaimana respon pemerintah dan legislatif baik tingkat provinsi maupun pusat menyikapi cita-cita bersama tersebut.

“Tim-tim yang bergerak mengusulkan pembentukan provinsi baru ini harus membeberkannya kepada masyarakat luas. Itu lebih baik daripada masyarakat hanya menerka-nerka dan masyarakat menerima informasi yang setengah-setengah. Karena usulan pembentukan provinsi baru ini demi daerah dan masyarakat wilayah Tabagsel secara utuh dan keseluruhan,” pungkasnya mengakhiri. (neo) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Nelayan Mandailing Natal Gunakan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*