Pemberhentian Tanpa Alasan Beberapa Guru Honorer di Samosir Dipertanyakan

Seharusnya terbitnya surat edaran Menpan No 05 Tahun 2010 membuka peluang bagi guru honorer yang mengabdi dari 1 Januari – 31 Desember 2005 hingga sekarang menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Namun, bagi beberapa honorer yang diberhentikan hanya dapat menunggu keajaiban datang. Lantaran, guru honorer yang diangkat Komite Sekolah ini  serta  pengajiannya bersumber  dari dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) diberhentikan tanpa alasan yang tidak masuk akal

Yang  paling mirisnya lagi salah satu guru honorer yang diberhentikan mengaku dibiayai oleh pemerintah untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Terbuka.

Pemberhentian sejumlah guru honorer ini menjadi isu yang menarik dibicarakan  masyarakat Samosir.

Salah satu guru honorer yang diberhentikan  kepala sekolahnya pada Juli yang lalu, Senin (9/10)  kepada wartawan menerangkan, dia diberhentikan pada Juli yang lalu tepatnya pada tahun ajaran yang baru tanpa ada alasan yang jelas.

Dia juga  mengatakan sudah mengabdi di sekolah dasar tempatnya mengajar sejak  2004 seraya menunjukkan SKnya yang ditandatangani kepala sekolahnya. “Namun, SK untuk 2005 hingga 2010 ini tidak pernah diterbitkan oleh kepala sekolah,” ujarnya.

Bahkan, katanya lagi, pemerintah memberikan biaya baginya untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Terbuka. Jadi hingga saat ini dia tidak pernah tahu apa alasan kepala sekolah memberhentikan dirinya. Padahal, lanjutnya, SE Menpan membuka peluang bagi dia dan rekan rekan guru honorer di Kabupaten Samosir ini untuk dapat diangkat menjadi CPNS.

Baca Juga :  Kapolda Bantah Terima Uang Rahudman

Sementara itu, ketika hal ini dikonfirmasi kepada Kepala Sekolah SDN 173780 Boho Kecamatan Sianjur Mula-mula E br Sagala menjelaskan, adapun alasannya memberhentikan guru honorer itu disebabkan tidak mau bekerja sama serta tidak ada surat izin tidak masuk mengajar.

Sumber: http://batakpos-online.com/content/view/16072/42/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*