Pemekaran provinsi harus dikaji mendalam

WASPADA ONLINE

community contribute Pemekaran provinsi harus dikaji mendalamMEDAN –  Sekretaris fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Sumut, Hidayatullah, menyatakan DPRD Sumut harus bersikap bijak dalam merespon pemekaran provinsi Sumatera Utara yang akan menjadi terbagi dari beberapa provinsi baru.

Menurutnya terlepas dari pembahasan Provinsi Tapanuli dan Sumatera Tenggara, salah satu kebijakan yang sebaiknya diambil DPRD Sumut, yakni mengkaji secara menyeluruh mengenai usulan pemekaran provinsi itu.

“DPRD Provinsi Sumatera Utara dituntut bersikap bijak dalam menyikapi tuntutan pemekaran provinsi di daerah ini,” tegasnya, tadi siang.

Selama ini, katanya, wacana pembentukan provinsi baru masih parsial, karena usulan datang dari kelompok masyarakat dengan berbagai latar belakang kepentingan. Kajian ini bisa dilakukan panitia khusus yang membahas secara keseluruhan wacana pembentukan provinsi.

“Kita harus jujur, jangan nanti untuk provinsi ini boleh, tapi untuk provinsi yang lain tidak boleh,” katanya.

Untuk itu, DPRD Sumut diharapkan harus menyepakati dulu mau dibagi berapa pemekaran Sumut ini, dan apalagi DPRD Sumut telah menyatakan dukungan atas rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara.

“Solusinya, kami harus turun dan menanyakan keinginan masyarakat mau dibagi berapa Sumut ini sehingga nanti tidak ada lagi masalah yang timbul,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, DPRD Sumut akan membentuk Pansus untuk membahas usulan ini untuk selanjutnya dibawa ke sidang paripurna.

Dukungan ini dinyatakan saat pimpinan dewan bertemu panitia pembentukan Provinis Sumatera Tenggara. Provinsi ini akan terdiri atas lima kabupaten/kota, yakni kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina), Padanglawas (Palas), Padanglawas Utara (Paluta), dan Kota Padangsidimpuan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Polres dan Kejari Sidimpuan Musnahkan Narkoba

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*