Pemenang Paket Proyek Total Rp 4,3 M di Dinas Pendidikan Sibolga Diumumkan

6 BOOK Pemenang Paket Proyek Total Rp 4,3 M di Dinas Pendidikan Sibolga DiumumkanPanitia Tender Pengadaan Barang dan Jasa paket proyek total nilai Rp 4.347.592.000 di Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Kamis (11/11) mengumumkan 4 perusahaan pemenang masing-masing untuk paket pengadaan buku perpustakaan SD dimenangkan CV Alpha Centauri dengan nilai penawaran Rp 1.502.140.000.

Paket buku perpustakaan SMP Rp 591.500.000 dimenangkan UD Maju Rp 550.682.000 yang saat memasukkan dokumen penawaran hanya melampirkan Surat Keterangan Fiskal. Paket alat Lab IPA SMP dimenangkan CV Tulus yang sebelumnya menawar Rp 420.191.000 namun setelah diumumkan menjadi Rp 485.315.000.Paket alat Lab Bahasa SMP Rp 900.000.000 dimenangkan CV Ridho Nauli yang sebelumnya menawar Rp 835.300.950 namun setelah diumumkan menjadi Rp 873.910.000 dan juga saat memasukkan dokumen penawaran hanya melampirkan Surat Keterangan Fiskal.

Sementara paket lainnya masing-masing paket alat peraga IPS SMP Rp 110.000.000 , paket alat olahrga SMP Rp 220.000.000, paket alat kesenian SMP Rp 220.000.000 dan paket pakaian dinas Rp 191.092.000 akan ditender ulang.
Rekanan Tuding Panitia “Main Mata” Menanggapi hasil pengumuman tersebut, salah seorang rekanan Direktur CV Dian Putra Parulian Sihotang kepada sejumlah wartawan dalam siaran persnya mengaku kecewa dengan kinerja panitia seraya menuding telah terjadi “main mata” alias persekongkolan dengan penyedia jasa.

“Perusahaan yang tidak lengkap persyaratan administrasi sebagaimana yang telah ditentukan oleh panitia dengan penyedia jasa sesuai Aanwezjing kantor dengan tegas menyebutkan perusahaan tidak lengkap secara otomatis gugur namun panitia terkesan memaksakan kehendak untuk memenangkan perusahaan yang diduga telah diatur sebelumnya ,” katanya seraya berharap, penegak hukum memanggil panitia terkait hal diatas sebagai efek jera dikemudian hari agar pengguna jasa jangan menjadi korban oleh ketidakmampuan panitia.

Baca Juga :  Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd Dilantik Jadi Ketua STKIP Budidaya Binjai

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Lelang Billing Situmorang saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, membenarkan pihaknya telah mengumumkan sebanyak 4 perusahaan sebagai pemenang tender 4 proyek sementara 4 proyek lainnya akan ditender ulang.

Terkait, terjadinya kenaikkan harga penawaran ia menjelaskan sesuai dengan hasil koreksi aritmatik bahwa ada kesalahan perhitungan dari penyedia jasa.

Ia juga mengakui ada ketidaklengkapan administrasi perusahaan saat memasukkan dokumen penawaran seperti halnya Surat Keterangan Fiskal namun setelah evaluasi perusahaan terkait telah melengkapi dengan Fiskal. Kekecewaan senada juga diungkapkan Ketua LSM Metro Watch Janner Silitonga seraya memastikan pihaknya akan segera membuat pengaduan terkait hasil pengumuman tender diatas.

“Pengumuman tender ini menunjukkan telah terjadi pelanggaran Keppres dan kami akan mengadukan panitia ke penegak hukum,” katanya(Sinar Indonesia)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*