Pemerataan IT – Sembilan Mobil Internet untuk Daerah Terisolasi di Cilacap

Siswa SMP Negeri 220, Tanjung Duren, Jakarta, Rabu (26/5/2010), mengakses internet dari mobil keliling yang singgah di sekolah mereka. Layanan internet gratis ini untuk memberikan kesempatan kepada pelajar mengakses informasi sekaligus kesempatan untuk melek teknologi.

KOMPAS.com –  Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi bantuan sembilan mobil internet bagi masyarakat daerah terpencil di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kendaraan yang dinamai Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) tersebut diharapkan mampu membuka isolasi informasi di pelosok desa terutama daerah-daerah terpencil.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dinhubkominfo) Kabupaten Cilacap, Dian Setyabudi, Selasa (26/7) mengatakan, informasi saat ini tidak hanya dimonopoli warga kota besar melainkan juga harus dimengerti masyarakat desa.  Mobil internet tersebut diharapkan melayani sebanyak 24 kecamatan di Kabupaten Cilacap.

MPLIK adalah mobil yang dimodifikasi dan dilengkapi dengan enam unit komputer jinjing (laptop) dan enam kursi. MPLIK dioperasikan dua petugas terdiri seorang pengemudi dan seorang yang bertugas melayani para pengguna jasa internet.

Sembilan unit MPLIK akan ditempatkan di wilayah Cilacap bagian kota sebanyak dua unit, dua unit lain di Kecamatan Sidareja, Kecamatan Kroya tiga unit, dan Kecamatan Majenang yang berbatasan dengan Jawa Barat sebanyak dua unit. P engguna dikenakan tarif Rp 1.000 per jam sehingga sangat terjangkau.

“MPLIK akan beroperasi selama empat tahun dan melayani daerah-daerah yang belum terlayani jaringan internet,” ujarnya. (Gregorius Magnus Finesso)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kamera DSLR Nikon D800S dengan Sensor 36MP akan Diperkenalkan di Bulan Juni

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*