Pemeriksaan Mata dan Skrining Katarak Gratis

(Analisa/Hairul Iman Hasibuan) Periksa: Tim relawan kesehatan dan lembaga kemanusiaan ANV Walubi yang difasilitasi Tambang Emas Martabe Batang Toru sedang melakukan pemeriksaan mata dan skrining katarak kepada warga di RSU AD Losung Batu Padangsidimpuan, Kamis (22/5).

Padangsidimpuan, (Analisa). Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan (BB), melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 0212/Tapanuli Selatan dan lembaga kemanusiaan (ANV) Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sumatera Utara, menggelar pemeriksaan mata dan skrining katarak gratis difasilitasi Tambang Emas Martabe Batang Toru di Rumah Sakit Umum (RSU) Angkatan Darat (AD) Losung Batu Padangsidimpuan, Kamis (22/5).

Dandim 0212/TS, Letkol Inf. A.T. Chrishardjoko mengatakan, pemeriksaan mata dan skrining katarak gratis ini, guna meredam laju kebutaan yang dialami banyak masyarakat desa yang kurang mampu.

“Program ini merupakan program sosial TNI AD dari Kodam I BB bekerjasama dengan berbagai pihak, guna menolong dan memberikan bantuan kepada masyarakat kurag mampu di Sumut, “ ujarnya.

Presiden Direktur G-Resources Tambang Emas Martabe, Peter Albert menyatakan, lebih dari 60 persen kebutaan di Indonesia disebabkan katarak.

Hingga saat ini jumlah penderita katarak di Indonesia mencapai lebih dari 2 juta orang atau sekitar 1,5 persen dari jumlah penduduk dan setiap tahun terjadi penambahan 240 ribu kasus katarak baru. Jumlah ini menempatkan Indonesia pada posisi tertinggi kedua jumlah penderita katarak terbanyak di Asia Tenggara. Padahal, katarak dapat disembuhkan dengan operasi.

Baca Juga :  Pelaksanaan PLS di Yayasan Darul Rahman Ponpes Gunung Selamat Berjalan Dengan Lancar Dan Tertib

Manager Senior Komunikasi Korporat G-Resources Tambang Emas Martabe, Katarina Siburian Handono menjelaskan, untuk kegiatan kali ini diikuti sebanyak 790 orang peserta.          Dari jumlah tersebut 364 orang terdiagnosa katarak ditambah 28 orang yang telah terdiagnosa pada pemeriksaan mata di Makodim 0212/TS sebelumnya, sehingga kegiatan yang bekerjasama dengan Kodim 0212/TS ditemukan sebanyak 432 orang terdiagnosa katarak, yang selanjutnya akan mengikuti operasi katarak pada 4-6 Juni 2014 mendatang.

Disebutkannya, dari rangkaian skrining yang telah dilaksanakan atas kejasama Kodam I/BB dengan Tambang Emas Martabe baik di Sibolga, Tarutung, Padangsidimpuan, Siantar, Labuhan Batu, dll, ditemukan sebanyak 1020 orang terdiagnosa katarak.

Diharapkannya, masyarakat Sumut dapat lebih banyak memperoleh pemahaman yang tepat dan kemudian menyebarkannya guna menarik lebih banyak lagi orang yang mau memanfaatkan akses pemeriksaan mata dan operasi katarak,” imbuhnya. (hih)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*