Pemeriksaan Rampung, USU Turut Umumkan Hasil Ujian CPNS tgl. 07 Desember 2009

Medan, (Analisa)

Univ. Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) akhirnya juga akan mengumumkan hasil ujian seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sumatera Utara (Sumut) 2009 pada 7 Desember melalui website. Pengumuman dilakukan serentak dengan di daerah-daerah yang bekerja sama dengan universitas ini.

“Ini merupakan penerapan prinsip transparansi. Bagi peserta, pengumuman USU ini bisa menjadi pembanding pengumuman di daerah,” kata Kepala Perpustakaan dan Pusat Sistem Informasi USU, Ridwan A Siregar, kepada Analisa, Kamis (3/12). Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus akan diumumkan pada www.usu.ac.id.

Ridwan Siregar menyatakan, pengumuman hanya memuat nama-nama peserta yang dinyatakan lulus. “Bagi yang tidak lulus, tidak akan diumumkan. Karena, itu juga privasi yang bersangkutan, misalnya peserta bisa malu kalu ternyata nilainya jelek,” ungkapnya.

Sesuai jadwal, penilaian dan pemeringkatan lembar jawaban kertas (LJK) peserta seleksi penerimaan CPNS Sumut dari provinsi dan lima kabupaten/kota selesai kemarin (Kamis). Selain Provsu, kabupaten/kota yang bekerja sama dengan USU ialah Kota Tebing Tinggi, Tapsel, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, dan Labuhan Batu.

Menurut jadwal, seluruh proses rampung pada pukul 18.00. Namun, hingga pukul tujuh malam penilaian dan pemeringkatan untuk Labuhan Batu belum tuntas. Penyebabnya karena banyaknya jumlah LJK yang harus diperiksa.

“Sekitar satu jam lagi, mudah-mudahan prosesnya rampung,” kata Ridwan Siregar yang dihubungi sekitar pukul 19.00. “Saat ini kami sedang proses mencetak hasil penilaian dan pemeringkatan, baru kemudian ditandatangani.”

Baca Juga :  Musim Hujan - Warga PadangsidimpuanDiimbau Peduli Lingkungan

Penandatanganan lembaran penilaian dan pemeringkatan itu, menurut Kepala Perpustakaan dan Pusat Sistem Informasi USU ini dilakukan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing, Pembantu Rektor (Purek) IV USU, Prof Sukaria Sinulingga, dan dia sendiri.

Diawasi DPRD

Di bagian lain keterangannya, Ridwan Siregar mengakui, proses penilaian dan pemeringkatan selama dua hari terakhir mendapat pengawasan ketat. Di antaranya dari anggota DPRD kabupaten/kota dan Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing.

Dalam dua hari ini, jelasnya, Sekda dari beberapa daerah turut menyaksikan langsung proses penilaian dan pemeriksaan. Demikian juga anggota DPRD.

Dia mencontohkan kehadiran Sekda dan 12 anggota DPRD Humbang Hasundutan. Ternyata, katanya, kehadiran mereka juga atas desakan masyarakat di daerahnya.

Kepala Perpustakaan dan Pusat Sistem Informasi USU ini mengakui, anggota DPRD ini benar-benar mengawasi pekerjaan yang dilakukan USU di ruangan pemeriksaan. Salah satu bentuknya ialah selalu bertanya jika ada LJK yang dinyatakan memiliki kesalahan teknis. “Mereka bertanya, di mana salahnya. Kita dituntut menjelaskannya. Setelah diberitahu, mereka akhirnya mengakui,” ungkap Ridwan.

Para anggota DPRD dari kabupaten/kota yang bekerja sama dengan USU ini, menurutnya, mengaku gembira karena bisa menyaksikan langsung proses penilaian dan pemeringkatan itu.

Kesalahan teknis

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap seluruh LJK, Ridwan mengakui banyak yang mengandung kesalahan teknis. Jumlahnya mencapai ratusan dari masing-masing daerah.

Baca Juga :  Di SDN 107 Panyabungan, Kursi & Meja Tak Layak Pakai

“Jumlah totalnya kami belum tahu karena kita belum merekapitulasinya. Mudah-mudahan besok (hari ini) jumlah itu sudah ada,” ungkapnya. Bentuk kesalahan teknis itu, jelasnya, bervariasi. Ada peserta yang salah mengisi kolom nama atau angka kode soal. Kesalahan ini membuat LJK itu terbaca oleh komputer. (gas)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*