Pemilik Ganja 44 Kg Di Siantar Diancam Hukuman Mati.

Ahmad Andreas alias Atong (42) warga Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, terancam hukuman mati. Penyebabnya, ia didakwa memiliki ganja sebanyak 44, 89 kilogram. Terdakwa pun dikenakan dakwaan primer Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang (UU) No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan dakwaan subsider Pasal 111 ayat (2) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Selasa (19/10) dipimpin hakim ketua Pastra JZ SH MH dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hari Darmawan SH. Sidang dipenuhi pengunjung sipil dan polisi, terlihat hadir beberapa polisi berpakaian sipil dari Polresta Pematangsiantar.

“Saudara tahu ancaman hukum annya tinggi, sampai hukuman mati, bisa 20 tahun, 15 tahun, dan paling rendah 6 tahun,” kata Pastra.

Kemarin saat duduk di kursi pesakitan, wajah terdakwa terlihat tegang, terutama sesaat setelah majelis hakim menyebutkan ancaman hukuman mati. Usai sidang, saat keluar dari ruangan, dengan pengawalan dua polisi berpakaian sipil dan satu berpakaian dinas, terdakwa membawa sekarung ganja kering (barang bukti kasus) dan digiring ke ruang tahanan sementara Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar.

Sementara JPU Hari Darmawan SH seusai sidang menyebutkan, terdakwa dikenakan dakwaan primer Pasal 114 ayat (2) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati. Sementara dakwaan subsider Pasal 111 ayat (2) UU No 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun atau penjara seumur hidup.

Baca Juga :  Kasus Tapsel, Rahudman 'diamankan'

“Sidang hari ini ditunda karena saksi-saksi belum bisa hadir, jadi tadi dilakukan pembacaan dakwaan saja,” jelasnya.

Sekadar informasi, terdakwa ditangkap polisi, Rabu, 4 Agustus 2010 sekira pukul 11.30 WIB di rumahnya, Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba. Polisi menangkap terdakwa setelah mendengar informasi dari masyarakat bahwa terdakwa baru saja mendapat kiriman ganja dari seseorang yang belakangan ini diketahui bernama Udin (DPO). Rencananya ganja sebanyak 44,89 kilogram yang dikemas dalam tiga karung ini akan diedarkan ke Jakarta dan dijual seharga Rp50 ribu per gram.

Sumber : Metro Siantar.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*