Pemilu 2014 – Pengumuman Hasil Verifikasi Parpol Tertunda, KPU Patut Dicurigai-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menunda pengumuman hasil verifikasi administrasi partai politik (Parpol) calon peserta pemilu 2014. KPU baru akan mengumumkan hasil verifikasi administrasi pada Minggu (28/10/2012) siang. Padahal dalam peraturan KPU nomor 11 tahun 2012 tentang verifikasi administrasi, disebutkan KPU harus mengumumkan hasil verifikasi administasi Kamis (25/10/2012) ini.

JAKARTA, KOMPAS.com – Koordinator Sinergi Masyarakat Untuk Masyarakat Indonesia (SIGMA) Said Salahuddin mengatakan, tertundanya pengumuman hasil verifikasi administrasi parpol oleh KPU patut dicurigai. Sidang pleno komisioner KPU mengindikasikan adanya silang pendapat antarkomisioner terkait hasil pemeriksaan.

“Padahal, tak boleh ada perbedaan pendapat pada sidang pleno penetapan hasil pemeriksaan administrasi,” kata Said di Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Said mengatakan, sidang pleno terkait administrasi juga tidak mengenal pengambilan keputusan dengan cara pemungutan suara (voting). Verifikasi administrasi, lanjutnya, hanyalah proses pemeriksaan untuk mengukur pemenuhan kelengkapan, kebenaran dan keabsahan persyaratan dokumen.

“Jadi verifikasi administrasi hanya bicara soal lengkap atau tidak lengkap, benar atau tidak benar, terhadap persyaratan yang diminta dan yang diserahkan,” tandasnya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*