Pemilu AS – Romney Raih Suara Terbanyak, tetapi Gagal Jadi Presiden

Calon presiden dari Partai Republik Mitt Romney menggelar kampanye di hari terakhir di Columbus, Ohio, Senin (5/11/2012).

KOMPAS.com— Secara nasional, capres dari Partai Republik Mitt Romney meraih suara terbanyak ketimbang suara yang diraih Presiden AS Barack Obama. Romney meraih 42.620.788 suara, sedangkan Obama hanya meraih 41.897.882 suara.

Akan tetapi, Romney gagal menjadi presiden. Penentu kemenangan seorang capres bukan didasarkan total suara secara nasional, melainkan pada alokasi suara berdasarkan porsi kemenangan di 51 negara bagian. Berdasarkan alokasi suara itu, seorang capres harus meraih minimal 270 suara.

Negara bagian California, misalnya, memiliki alokasi 55 suara. Obama unggul di California, dengan demikian, total 55 suara akan menjadi milik Obama. Obama juga unggul di Illinois dengan 20 jatah suara. Romney menang di banyak negara bagian dengan jatah suara yang kecil.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*