Pemkab Batu Bara Diduga Manipulasi Data CPNS 2010

Pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Batu Bara yang baru-baru ini digelar diduga dimanipulasi dan tidak berdasarkan hasil pemeriksaan dari tim Universitas Indonesi (UI) selaku panitia pelaksana penyedia soal ujian CPNS. Direktur Eksekutif KONTRA, Ir Andi Kurnia, didampingi rekannya Supriadi SL kepada METRO, Selasa (15/2).

mengatakan, sesuai data yang diperolehnya dari pihak UI, jika dibandingkan nilai yang dicantumkan sebagai pelamar yang lulus seleksi CPNS dengan  jumlah 271 orang, maka sebagian besar dari nama yang lulus itu memiliki nilai yang cukup rendah dibanding dengan peserta lainnya yang tidak lulus dalam pengumunan tersebut.

Sedang alasan dari Pemkab Batu Bara tidak meluluskan yang memeroleh nilai tinggi berdasarkan nilai urutan nilai rangking dari tim UI, sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang bekerja sama dengan Pemkab Batu Bara dalam penerimaan CPNS formasi tahun 2010.

Alasan Pemkab Batu Bara sebut Andi, pengumuman yang diterbitkannya baru-baru ini berdasarkan ranking dari Pusat Penelitian Sumber Daya Manusia dan Lingkungan (PPSML) Program Pascasarjana UI yang sebelumnya telah melakukan penandatanganan MoU dengan Pemkab Batu Bara.

Hanya saja Direktur KONTRA ini tidak percaya begitu saja, alasan pihak Pemkab Batu Bara. Karena dari PPSML maupun dari tim penilai UI  daftar nama sama, hanya terjadi skor nilai yang berbeda dan jumlah peserta yang lulus selisih 12 orang.

Baca Juga :  Wacana ‘Kocok Ulang’ Semakin Jelas - Gatot Ingin Sekdaprovsu Strategis

Disebutkannya, hasil scaning seleksi CPNS 2010 Kabupaten Batu Bara disajika sebanyak 20.966 peserta yang mengikuti seleksi,  sedangkan pada hasil seleksi CPNSD Batu Bara Tahun  2010 yang berasal dari PPSML Program Pascasarjana UI data yang disajikan sejumlah 20.954 peserta.

Dengan demkian  ada sebanyak 12 data peserta yang hilang atau sengaja dihilangkan. “Fakta-fakta di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Hasil seleksi  CPNS Batu Bara tahun  2010 dari PPSML dan hasil scaning seleksi CPNS 2010 ada dugaan penyimpangan data,” ujarnya.

Sedang Kabag Humas Pemkab Batu Bara, Elfrianis SH yang dikonfirmasi mengatakan, apa yang telah diumumkan Pemkab Batu Bara terkait seleksi CPNS baru–baru ini sudah sesuai dengan data yang ada. “Apa yang diumumkan itu sudah merupakan hasil yang syah dan tidak ada masalah. Jika ada orang menyebut memiliki bukti dan data bahwa yang lulus itu diduga bermasalah, terserah. Jika benar ada datanya, laporkan saja keinstansi terkait karena manipulasi data terlebih pengumu nan CPNS sudah pasti pidana,” ungkapnya. (van/sht/Ing) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*