Pemkab Madina dan Tapsel Lacak Tapal Batas

Panyabungan. Pemkab Madina dan Pemkab Tapsel, untuk sekian kalinya,kembali melakukan penelusuran Sungai Batang Angkola, guna memastikan tapal batas kedua kabupaten tersebut.

Dalam penelusuran yang dilakukan kedua Pemkab itu, Selasa (6/11), dihadiri Kabag Tata Pemerintahan kedua Kabupaten.  Ditemukan bahwa sesuai dengan peta induk dan surat yang dikeluarkan Residen Tapanuli tahun 1929-1931, bahwa Sungai Batang Angkola sudah jauh masuk ke Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam kesempatan tersebut, disimpulkan bahwa untuk menentukan tapal batas tersebut diserahkan kepada tim teknis kedua Kabupaten.

“Melihat kondisi yang ada saat ini, Sungai Batang Angkola sudah jauh lari dari peta induk yang ada lebih baik kita serahkan kepada tim teknis kedua kabupaten, untuk menentukan titik koordinat sekaligus memasang pilar tapal batas antara Madina dengan Tapsel,” ujar Kabag Tapem Pemkab Madina Drs Hasan Basri MAP dan Kabag Tapem Tapsel M Ali Sayahruddin.

Dikatakan, melihat medan yang sangat berat dan yang mengetahui sebenarnya titik koordinat tapal batas ini adalah tim teknis, sehingga mereka sangat mengharapkan agar untuk menentukan dan membuat pilar tersebut adalah tim teknis saja.

“Kalau kita telusuri kondisi sekarang ini, Sungai Batang Angkola sudah jauh lari dari kondisi ketika ditentukan peta induk dan pembuatan surat yang dikeluarkan oleh residan tapanuli tahun 1929-1931,” kata mereka.

Untuk itu mereke mengharapkan, tim teknis dapat menjadwalkan penetapan dan pembuatan pilar sebagai batas tersebut, kalau mengenai tanah Madina ataupun sebaliknya, yang sudah terlanjur dikuasai masyarakat Tantom.

Baca Juga :  Pemeriksaan Mata dan Skrining Katarak Gratis

“Dalam penentuan tapal batas tersebut, kita harapkan agar jangan lagi dilibatkan masyarakat kedua Kabupaten, sehingga tidak ada tarik menarik batas lagi, karena sudah jelas ada ketetapan pada peta induk dan surat yang dibuat oleh residen tapanuli, sehingga kita menilai tim teknis hanya membuat pilar saja,” kata mereka.

Hadir dalam peninjauan tapal batas tersebut dari Pemkab Madina adalah Kabag Tapem Drs Hasan Basri, dari pihak pertanahan Pemkab Madina, Camat Siabu Syamsi S.Sos. Sementara, pihak Pemkab Tapanuli Selatan dihadiri oleh Kabag Tapem Pemkab Tapsel M Ali Syahruddin SH, Camat Tano Tombangan HA Syaftar S Sos MM dan pihak Pertanahan Tapsel.(zamharir rangkuti)

MedanBisnis –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*