Pemkab Madina Lakukan Pengawasan Hewan Qurban

Pengawasan dan pemeriksaan terhadap hewan qurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1431 H tetap dilakukan Dinas Peternakan Mandailing Natal (Madina).

”Kita dari Dinas Peternakan Madina tetap melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap hewan qurban,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Peternakan Madina, Indra  Ahmadi, tadi malam.

Indra melanjutkan, dalam waktu seminggu ini, petugas segera turun ke lapangan untuk memeriksa hewan qurban sesuai dengan wilayah dan daerah masing-masing. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan, apakah hewan qurban yang akan dipotong tidak menderita penyakit dan dalam keadaan sehat.

“Kita akan kerjasama dengan panitia qurban di beberapa tempat untuk melakukan hal itu. Di beberapa tempat nanti kita akan melakukan pemeriksaan hewan qurban sebelum dipotong, apakah hewan tersebut sehat atau tidak,” katanya.

Indra menambahkan, biasanya  jenis penyakit yang paling mengkhawatirkan untuk hewan qurban adalah jenis antraks yang bisa menular kepada manusia.

Untuk itu, Pemkab Mandina belum memukan jenis penyakit hewan yang berbahaya ini, dan sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat. Walaupun begitu tetap akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan. (waspada.co.id)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Amru Daulay dan Madina

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*