Pemkab Palas Gelar Harganas dan HAN

Palas | Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional (HAN), bertempat di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Rabu (3/9).

Kegiatan peringatan Harganas, dirangkai pemberian piagam penghargaan dan hadiah kepada pemenang perlombaan kejuaraan busana muslim tingkat remaja, perlombaan melukis, baca puisu tingkat anak – anak TK, dll.

Kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB Palas Aslamiah Harahap menyampaikan, dalam memeriahkan HAN, digelar perlombaan busana muslim tingkat remaja, utusan dari 12 kecamatan se-Palas, perlombaan mewarnai gambar tingkat taman kanak- kanak oleh Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) dan juga lomba baca puisi dari 12 utusan kecamatan.

Dikatakan, bagi juara perlombaan HAN, diberikan piagam penghargaan dan tropi dan hadiah. ” melalui momen hari anak nasional dan hari keluarga, memberikan kontribusi nyata bagi terselenggaranya keluarga bahagia, sejahtera, dan sekaligus memberi andil dalam upaya membangun negara dan bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Padang Lawas,” ujar Aslamiah.

Dalam sambutannya, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan, partisipasi, dan andil masyarakat turut mensukseskan Keluarga Berencana (KB) menciptakan keluarga yang tangguh dan menghasilkan bangsa tangguh pula.

“Saya yakin bahwa dengan momentum peringatan Hari Keluaraga Nasional (Harganas) dengan thema, ” Kita Tingkatakan Kualitas Keluarga Dalam Mewujudkan Indonseia Sejahtera “. Akan dapat memberikan perhatian terhadap peran dan fungsi anggota keluarga membangun suasana komunikasi dan interaksi harmonis, pada akhirnya akan memberikan ketahanan keluarga yang lebih baik. Untuk itu, perlu diwujudkan budaya komunikasi yang lebih terbuka dengan santun, beretika diantara sesama anggota keluarga itu sendiri maupun antara keluarga dengan masyarakat di lingkungan keluarga kecil yang mengerti peran dan fungsi mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, bukan lagi sebuah impian, namun dapat menjadi kenyataan riil,” kata Bupati.

Baca Juga :  Penambang Liar Marak di Madina

Menurut Bupati, dengan motto, “Keluarga Kecil Bahagia, Sejahtera , Keluarga Masa Depan Indonesia”. Sangat tepat untuk dijadikan titik tolak bagi semua keluarga di Indonesia umumnya atau khususnya di Kabupaten Padang Lawas, untuk terus menerus berbenah diri meningkatkan ketahanan pangan dalam keluarga, kata Bupati sembari mengatakan, keluaraga yang berketahanan pangan diharapkan memberikan pengaruh positif bagi intern keluarga maupun lingkungan sekitarnya.

Selain itu, pinta Bupati kepada Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, dapat menjadi indikator mengalakan peran masyarakat untuk melaksanakan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, fungsi cinta kasih, pendidikan, reproduksi, perundangan, sosialisasi , lingkungan serta fungsi ekonomi. Apabila ke 8 fungsi ini dapat terpenuhi, maka akan terlahirlah keluaraga yang berkualitas dan generasi yang lebih baik di Kabupaten palas, sebutnya.

Penulis : Sahat Gemayel Lubis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*