Pemkab Palas Gelar Lomba Markobar Adat : Kecamatan Aek Nabara Barumun Sebagai Juara

Foto Bersama dengan Sekcam Aek Nabara Barumun : Bincaruddin Harahap
Foto Bersama dengan Sekcam Aek Nabara Barumun : Bincaruddin Harahap.
Foto Bersama dengan Sekcam Aek Nabara Barumun : Bincaruddin Harahap.

PALAS-Mengusung tema, tingkatkan kesadaran masyarakat akan budaya bangsa dengan mengedepankan nilai kearifan lokal dalam mewujudkan Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang “Bercahaya”, Pemkab Palas melalui Kantor Kesbangpol Palas gelar lomba sidang adat atau istilahnya “Markobar Adat”, bertempat di Gedung Nasional, Sibuhuan, Senin (22/8).

Kepala Kantor (Kakan) Kesbangpol Palas Edi Mirson Hasibuan, S. Sos dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini digelar untuk melestarikan adat budaya dan kearifan lokal yang harus terus dipupuk dan dijaga oleh masyarakat setempat. Kegiatan ini diikuti oleh 12 tim dari perwakilan 12 kecamatan se-Palas.

“Perangkat tim adat itu sebanyak 9 orang, terdiri dari, Mora, Kahanggi, Anak Boru, Raja Pamusuk, Ama Topotan, Suhut, Anak Boru Pangoloi dan Raja Bagas Godang. Bentuk kegiatan yang diperlombakan dalam markobar adat ini, dalam hal persoalan adat marjamita boru marlojong. Maksudnya, memberitahukan dan menyelesaikan pengantin yang kawin lari,” ujarnya.

Lewat kegiatan ini, lanjutnya, masyarakat Palas semakin cinta dengan budaya lokalnya dan timbul nilai-nilai budayanya. “Harapannya, para pemuda desa bisa menghargai nilai-nilai budaya dan diharapkan akan memperkecil angka perceraian di masyarakat Palas,” jelasnya.
Sementara itu, Wabup Palas, drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam arahannya mengatakan, meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai luhur budaya bangsa, khususnya budaya lokal yang ada didaerah ini, dapat diciptakan melalui diri sendiri, yaitu dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap adat istiadat dan budaya melalui kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Bupati Madina: Bersyukur pilkada berjalan sukses & aman

“Salah satu bentuk upaya peningkatan kesadaran nilai budaya bangsa adalah dengan diadakannya perlombaan sidang adat atau markobar adat se-Kabupaten Padang Lawas ini. Sidang adat merupakan bagian penting dalam suatu acara budaya batak, khususnya kita di daerah Padang Lawas,” tegas Wabup Palas.

“Berbicara soal budaya di tengah-tengah kemajuan zaman yang semakin canggih, di mana semuanya serba digital, ada yang sering terlupakan akan perlunya mencintai dan menghargai nilai-nilai luhur kebudayaan daerah oleh generasi muda. Apabila masyarakat menjunjung nilai kearifan lokal dan mencintai serta menghargainya, maka perceraian mungkin dapat diminimalisir,” tegas Zarnawi.
Untuk itu, lanjut Wabup Palas, marilah kita tumbuhkan kembali kesadaran akan nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan mengedepankan kearifan lokal, dengan lebih mencintai budaya-budaya lokal dan tetap melestarikan budaya yang ada di daerah ini, pungkasnya.

Dalam Lomba Makkobar Adat tingkat Kabupaten Padang Lawas ini dimenangkan oleh Tongku Fakih Amiruddin dan kawan-kawannya sebagai utusan dari Kecamatan Aek Nabara Barumun dan berhak mendapatkan trophy dan uang pembinaan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*