Pemkab Palas terima Rp30,8 M dari BPHTB PTPN IV Sosa

www.waspada.co.id

SIBUHUAN – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas menerima Rp 30,8 miliar dari Bea Perolehan Hak atas Tanah, dan Bangunan (BPHTB) PTPN IV kebun Sosa bukti perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) yang telah diterbitkan Badan Pertanahan Nasional.

“Jumlah itu merupakan penyesuaian Peraturan Menteri Keuangan No 32/PMK.03/2005 tertanggal 23 Mei 2005 tentang tata cara pembagian hasil penerimaan BPHTB antara pemerintah pusat, dan pemerintah daerah. Pada peraturan itu disebutkan 20 persen untuk pusat, dan 80 persen untuk daerah,” kata kepala bidang pendapatan, dank as daerah kabupaten Palas, Paruhum Daulay, tadi malam.

Dikatakan, dari 80 persen, 16 persen atau 20 persen diperuntukkan untuk pemerintah provinsi, sedangkan untuk Pemerintah Kabupaten Padang Lawas sebanyak 64 persen. “Untuk dana BPHTB dari PTPN IV Perkebunan Sosa, Pemkab Palas telah menerima 64 persen dari Rp50 miliar, atau sama dengan terjumlah Rp30,8 miliar,” katanya.

Dana seharusnya sudah terealisasi bulan Februari 2009, mengingat pada bulan itu sudah dibayar PTPN IV melalui Bank Sumut Padangsidimpuan. Akan tetapi pada bulan itu Pemkab Palas belum memiliki nomor rekening bank persepsi, karena belum keluarnya SK dari Dirjen Perbendaharaan Departemen Keuangan.

Maka untuk sementara dana itu ditahan di Bank Sumut. Kalau tidak demikian uang itu akan masuk ke rekening bank persepsi Tapsel, dan akan semakin sulit prosedur pengambilannya.

Baca Juga :  Aksi Jambret Marak di Padangsidimpuan

“Sampai saat ini sekira kurang lebih Rp20 miliar lagi PBB masih tertahan di Pemkab Tapsel,” katanya.

Editor : SATRIADI TANJUNG

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*